RUTENG, FLORESPOS.net-Teka teki tentang Uskup Diosis Labuan Bajo, Mabar terjawab sudah sore ini. Sri Paus Fransiskus telah memilih dan menetapkan Rm. Maksimus Regus sebagai Uskupnya.

Pengumuman terpilihnya Uskup Mgr. Maksimus Regus dibacakan sendiri Uskup Keuskupan Ruteng, Mgr. Sipri Hormat di Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Jumat (21/6/2024).

Dalam Video yang beredar, Uskup Sipri menyatakan bahwa Sri Paus Fransiskus telah menetapkan Rm. Maksimus Regus yang selama ini menjabat sebagai Rektor Unika St. Paulus Ruteng.

Pengumuman itu, disambut histeris umat yang hadir baik dalam Gereja Paroki Roh Kudus maupun yang memantau lewat media sosial.

Penetapan Uskup itu bersamaan dengan pendirian Keuskupan Labuan Bajo, mekar dari Keuskupan Ruteng.

Uskup terpilih Mgr. Maksi dalam sambutan singkatnya menyatakan terimakasih kepada Uskup Sipri, para pastor, dan umat yang menerima kabar suka cita ini.

“Saya mohon doa dan dukungan kita sekalian. Karena saya penuh kekurangan dan dosa,” katanya.

Romo Dr. Maksimus Regus, Pr, S.Fil, M.Si atau RD. Max Regus lahir di Flores pada 1973. Saat ini mengemban tugas sebagai Rektor Unika St. Paulus Ruteng Flores periode 2023-2027. Ia mengemban tugas itu sejak 21 Juni 2023 lalu.

Selain menjadi Rektor, RD Max Regus yang merupakan imam diosesan Keuskupan Ruteng juga merupakan seorang peneliti sosial.

Setelah menyelesaikan pendidikan imam di STFK Ledalero Maumere, RD. Max Regus juga menyelesaikan pendidikan Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) dalam bidang sosiologi.

Selama menyelesaikan studi pascasarjana, RD. Max Regus juga menjadi Direktur Parrhesia Institute Jakarta.

Studi doktoralnya diselesaikan di The International Institute of Social Studies, Universitas Erasmus dan Graduate School of Humanitie, Universitas Tilburg, Belanda.

RD. Max Regus juga aktif menulis. Ia telah memublikasikan berbagai judul buku serta jurnal yang bertemakan sosial, politik dan agama. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *