ENDE, FLORESPOS.net-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ende, Provinsi NTT menggelar Halal Bihalal dan Paskah bersama di halaman kantor, Kamis (18/4/2024) pagi.

Halal Bihalal yang dikemas dalam tema “Merajut Kasih Persaudaraan Sejati Untuk Ende Maju Bersama Umat” dihadiri Forkopimda Ende, pemimpin agama, tokoh agama, pimpinan Partai Politik, pegawai di lingkup Kemenag Ende serta stakeholder terkait.

Acara itu ditandai dengan pembakaran lilin yang dilakukan oleh Asisten 1 Setda Ende kemudian dibagikan kepada perwakilan Forkopimda yang hadir, Kemenag Ende dan pimpinan partai politik.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ende, Niko Nama Payon mengatakan keluarga besar Kemenag Ende menggelar acara ini untuk memperkuat moderasi beragama dan memperkuat toleransi di Ende.

“Keluarga besar Kemenag Ende hadirkan suasana ini dengan alasan melalui refleksi mendalam dalam tugas dan tanggung jawab kita untuk bangun daerah ini dan perkuat toleransi,” katanya.

Dikatakannya, Kemenag adalah institusi yang merawat Roh NKRI. Dalam menghadapi suasana bangsa yang dipertontonkan di media sosial yang sering meracuni kehidupan berbangsa maka Kemenag harus berperan melalui program yang telah digagas. Salah satu program penguatan yaitu melalui moderasi beragama yang  harus terus digalahkan.

Tahun 2024 adalah tahun politik dan Kementerian Agama RI sejak awal tahun sudah mencanangkan  tahun toleransi. Kemenag Ende juga menggalahkan  toleransi dengan melakukan sosialisasi dan menggelar kegiatan seperti ini.

Kemenag Ende juga membangun komitmen untuk mendukung kepemimpinan penjabat bupati Ende untuk membangun daerah ini.

Kemenag Ende juga menyampaikan saat ini seluruh pegawai di lingkup Kantor Kemenag Ende baik PNS maupun kontrak sebanyak 368 orang. Dengan demikian kontribusi Kemenag sangat berarti bagi Kabupaten Ende dan terus bersinergi bangun Ende.

Asisten 1 Setda Ende, Dahlan yang mewakili Penjabat Bupati Ende pada kesempatan itu mengatakan peringatan Halal bihalal ini hendaknya menjadi momen yang tepat bagi umat kembali merefleksi tentang perjalanan hidup.

Asisten 1 Setda Ende juga mengajak semua pihak yang hadir memaknai pesan moral pada perayaan ini dan membaharui diri untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *