LABUAN BAJO, FLORESPOS.net – Pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) di antaranya sebagai upaya menggaet investor untuk berinvestasi di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) khususnya.

MPP memperpendek urusan pelayanan publik, antara lain terkait dunia investasi karena terpusat pada satu tempat. MPP bukan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) baru di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar.

Demikian Maria Eltris Babur, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mabar,  Nusa Tenggara Timur (NTT), menanggapi Florespos.net baru-baru ini di Labuan Bajo.

Kadis yang akrab disapa Rice itu dimintai tanggapan terkait upaya DPMPTSP menggaet, memancing investor atau pemodal untuk berinvestasi di Mabar, juga tentang status MPP, apakah OPD baru atau bukan, sebagaimana rekaman media ini belakangan.

Menurut Kadis Rice, di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar, MPP bukan OPD baru. MPP dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Dijelaskan MPP merupakan pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh Kementerian, Lembaga, Pemprov dan Pemkab, BUMN, BUMD beserta swasta secara terpadu dalam satu tempat untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan serta memberikan kemudahan  berinvestasi.

“Adanya MPP memperpendek urusan pelayanab publik, termasuk dalam hal investasi karena terpusat pada satu tempat, ” ujar Sekretaris DPMPTSP Mabar Yohanes Rinaldo Gampur yang saat itu mendampingi Kadis Rice.

Penyelenggaraan MPP, lanjut Kadis Rice, dikoordinasi oleh DPMPTSP selaku pengelola MPP. Para pihak yang akan bergabung akan membuat MOU dan PKS dalam rangka pemanfaatan sumber daya dan penggunaan ruang dalam gedung dan sarana/prasaan/fasilitas.

Pengitegrasian layanan MPP Manggarai Barat nantinya akan dilakukan bertahap sesuai dengan kapasitas bangunan gedung yang tersedia. Setiap penyelenggaraan layanan wajib menyiapkan Standar Pelayanan masing-masing, tutup Kadis Rice.

Dilansir media ini sebelumnya, Kadis Babur pastikan MPP Managgarai Barat launching Desember 2024. *

Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *