BAJAWA, FLORESPOS.net-Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Kebakaran Kabupaten Ngada melalui Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melakukan simulasi penanggulangan kebakaran, Senin (8/4/2024).

Kegiatan ini bertempat di Lapangan Sepak Bola Langa, Desa Beja. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota Damkar Ngada dipimpin Sekretaris Satpol PP Damkar Ngada Yoseph Wago Lede.

Kasie Pencegahan dan Inspeksi, Yance Botha kepada Florespos.net mengatakan, kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran rumah melibatkan 2 unit mobil pemadam kebaran dengan 20 anggota Damkar.

Simulasi ini merupakan kegiatan rutin sebagai wujud nyata kesiapsiagaan anggota Damkar dalam melakukan penanggulangan terhadap bencana kebakaran.

“Melalui kegiatan ini kita ingin mengedukasi masyarakat tentang bahaya kebakaran, sebab tanggung jawab pencegahan kabakaran tidak saja tanggung jawab pemerintah tetapi semua komponen masyarakat,” katanya.

Yance Botha mengatakan, di Kabupaten Ngada jumlah kasus kebakaran tahun 2023 cukup tinggi, baik rumah, hutan dan lahan. Per April 2024, jumlah kebakaran sudah 2 kasus, yakni kebakaran rumah warga bahkan ada 1 korban meninggal.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Seli Uta mengatakan simulasi penanggulangan kebakaran bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada anggota terhadap tugas dan peran melakukan penanggulangan kebakaran.

Seli Uta mengatakan, kegiatan ini dibuat seperti kejadian yang sesungguhnya mulai dari tahapan awal informasi terkait kejadian kebakaran, respon time menuju lokasi kebakaran, penanggulangan kebakaran, evakuasi jika ada korban dan diakhiri dengan tahapan akhir berupa pendinginan terhadap semua titik api.

Seli Uta mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyebab kebakaran yang pada umumnya berasal dari sumber panas seperti listrik, kompor, lilin dan lainnya. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *