LARANTUKA, FLORESPOS.net-Perayaan Pekan Suci atau Semana Santa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), NTT tahun 2023, sudah di depan mata atau sekitar dua pekan lagi.

Berbagai persiapan menyambut iven rohani tahunan itu sudah dan sedang dilakukan, baik oleh suku-suku Semana, pihak Gereja Lokal Keuskupan Larantuka, maupun Pemerintah Daerah (Pemda) Flotim.

Salah satu persiapan yang juga sangat penting selama Semana Santa di Larantuka, yakni ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).

Terkait hal ini, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Flotim, Yulian Mitak memastikan bahwa stok atau ketersediaan bbm sebelum, selama dan setelah Semana Santa di Larantuka sangat aman.

“Tidak perlu khawatir. Tidak ada masalah stok BBM jenis Solar, Pertalite dan Minyak Tanah. Stok bbm kita di Flotim aman baik sebelum dan sesudah Semana Santa Larantuka,” kata Yulian kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Yulian menjelaskan, kuota Jenis BBM Tertentu (JBT) tahun 2023, Kabupaten Flotim mendapat alokasi bbm jenis Solar 8.464 kilo liter (kl), minyak tanah 5.971 kl. Kuota Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) sebanyak 20.375 kl.

“Dengan alokasi ini, bbm kita aman. Ini kuota bbm Kabupaten Flotim tahun 2023. Kami sudah menyiapkan skema pengamanan BBM selama Semana Santa di Larantuka,” katanya.

Menjawab wartawan terkait kekhawatiran banyak pihak akan lonjakan peziarah, umat dan wisatawan saat Semana Santa tahun ini, karena tahun ini merupakan pertama dilaksanakan selama tiga tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19, Yulian mengaku sudah memikirkan kemungkinan tersebut.

“Kalau itu situasional. Kalau kebutuhan tinggi, tentu kita minta tambahan kuota. Dan untuk permintaan tambahan, pasti diberikan karena ada iven besar apalagi Semana Santa. Kita memang akan antisipasi soal ini,” katanya.

Lebih lanjut Yulian juga mengatakan, bongkar muat bbm untuk wilayah Pulau Adonara dan Lembata (Kabupaten Lembata) yang selama ini biasa terjadi di Pelabuhan Larantuka akan dipindahkan sementara ke Jembatan Tambatan Perahu (JTP) terdekat.

Pengalihan dilakukan mulai Kamis Putih sampai Minggu Paskah. Dia belum memastikan, JTP mana yang menjadi lokasi bongkar muat BBM sementara pada Semana Santa ke wilayah Pulau Adonara dan Kabupaten Lembata.

“Soal JTP mana, kami akan koordinasi dengan beberapa pihak terkait. Intinya, kita akan alihkan atau pindahkan sementara mulai Kamis Putih,” kata Yulian.

Diketahui, tradisi Semana Santa di Larantuka, Kabupaten Flotim yang telah berusia lebih dari lima ratus tahun ini dibuka kembali setelah tiga tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Pantauan Florespos.net, hari-hari belakangan ini, umat dan masyarakat Kota Larantuka, ibukota Kabupaten Flotim tengah mempersiapkan diri. Mereka, terlihat gotong royong membersihkan dan merapihkan kota.

Semua Gereja, Kapela, Hotel, Homestay, dan Penginapan di Kota Larantuka ditata rapih. Umat juga tengah mempersiapkan diri dengan berdoa dan berpuasa.*

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *