MAUMERE, FLORESPOS.net – Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero menggelar ritus adat Sikka pada dua lokasi gedung kuliah baru yakni Gedung Kuliah untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Keagamaan Katolik (PKK) yang berlokasi di Kampus I IFTK Ledalero di Ledalero, Kecamatan Nita;  dan Gedung Kampus II IFTK untuk Prodi Kewirausahaan dan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berlokasi di Jalan Wairklau Maumere, pada Jumat (24/3/2023) pagi. Ritus adat ini dilakukan sehari menjelang persmian dua gedung baru itu yang akan diagendakan bertepatan dengan Dies Natalis IFTK Ledalero ke-54 pada Sabtu (25/3/2023).

Pantauan media ini, ritus adat ini dipimpin oleh salah seorang tokoh adat Donatus Nong asal Kampung Guru, Desa Takaplager, Kecamatan Nita.

Ritus adat ditandai dengan sesajian sirih pinang, tembakau dan percikan darah babi di setiap ruangan pada dua gedung kuliah baru itu, dan penyalaan lilin dan doa adat pada lokasi yang dipilih untuk memindahkan  roh-roh yang sebelumnya menghuni pada dua lokasi gedung baru itu. Puncak acara adat ini dimaknai dengan pemberian sesajian kepada para arwah yang dalam Bahasa Sikka disebut Piong.

Makna Ritus Adat

Perwakilan tokoh adat Donatus Nong kepada media ini usai memimpin rituas adat di Kampus II IFTK Ledalero, Jumat (24/3/2023) pagi menjelaskan makna yang diambil dari rangkaian ritus adat yang dipimpinnya antara lain untuk memindahkan para arwah yang sebelumnya menghuni pada dua lokasi gedung baru itu ke lokasi yang telah ditentukan, dan sekaligus memohon para arwah dan lelulur untuk sama-sama berdoa agar rangkaian acara peresmian dua gedung itu berjalan aman, dan lancar, serta agar semua aktivitas para mahasiswa, pegawai/karyawan dan dosen yan beraktivitas pada dua gedung itu berjalan aman dan lancar.

Beberapa alumni dan seksi terkait melakukan pembersihan hewan sembelihan untuk acara Temu Alumni IFTK, Jumat (24/3/2023). Foto Wall Abulat

“Semoga dengan ritus adat yang sudah kita buat maka semua aktivitas selama peresmian dan kegiatan perkuliahan ke depan berjalan aman, dan para mahasiswa, karyawan/pegawai serta para dosen diberikna kesehatan,” kata Don yang juga Pegawai pada Perpusatakaan IFTK  Ledalero ini.

Tiga Kali Gelar Ritus Adat

Sementara Wakil Rektor II IFTK Ledalero, RP. Maxi Manu, SVD yang juga Ketua Panitia Peresmian Dua Gedung Baru yang dihubungi terpisah menambahkan bahwa selama proses pembangunan dua gedung kuliah baru dimaksud, IFTK sudah menggelar tiga kali ritus adat masing-masing pada saat peletakan batu pertama, saat mengatapi bangunan/seng, dan menjelang peresmian gedung. “IFTK sudah menggelar tiga kali ritus adat. Acara puncak dimaknai dengan perayaan ekaristi lalu acara pemberkatan gedung dan peresmian” kata Pater Maxi Manu.

Penuh Persaudaraan

Pantauan media ini, sehari menjelang acara puncak peresmian dua gedung baru itu, keluarga besar alumni dan IFTK Ledalero menggelar acara temu alumni yang akan dipusatkan di Gedung Kampus II IFTK Ledalero di Jalan Wairklau Maumere, Jumat (24/3/2024) petang.

Untuk menyukseskan acara ini, para alumni, para istri alumni, para pegawai/karyawan yang selama ini bekerja di IFTK, para mahasiswa dari pelbagai prodi di IFTK melakukan aktivitas bersama menyiapkan menu makanan, menyiapkan aneka fasilitas, dan bahkan bahu-membahu memotong seekor babi dan mengolah hewan sembelihan itu menjadi menu makanan pada acara temu alumni dimaksud.

Pantauan media ini, untuk penyembelihan satu ekor babi dipimpin Donatus Nong dan dibantu beberapa anggota seksi terkait di antaranya Evaristus Ris, Rafael M. Delastrada;  Steven M. Situmora; Gregorius Sandrisno; Herman Aryanto; Yanto Suryanto, dan beberapa mahasiswa IFTK di antaranya Justin, Oktovianus Lehan, dan Yakobus  D, serta beberapa mahasiswa dari prodi PKK, Prodi Filsafat, Prodi Kewirausahaan,dan Prodi DKV.

Tampak para istri alumni, pegawai IFTK, utusan para mahasiswa dari pelbagai prodi di IFTK dan sukarelawan sedang menyiapkan menu untuk kegiatan Temu Alumni IFTK, Jumat (24/3/2023). Foto Wall Abulat.

Sementara di bagian dapur, tampak para istri alumni yang dikoordinasi Ibu Maria Regina Assan atau yang akrab disapa Ibu In, didampingi Ibu Anastasia Hatisna, Ibu Vinsensia Lama Duan, Ibu Rosalia Nartin, Ibu Stefani Evi Assan, Ibu Yosri Beguir; Ibu F. Evi Apelabi dan para isri alumni lainnya plus para mahasiswi dari pelbagai prodi di IFTK Ledalero bersatu dalam suasana persaudaraan menyiapkan dan mengolah sejumlah menu untuk dihidangkan pada acara Temu Alumni dimaksud.

Seksi Acara Welybrodus Saungonggor kepada media ini di Kampus II IFTK Ledalero mengemukakan pihak panitia telah menyiapkan rangkaian acara baik untuk acara temu alumni pada Jumat petang, maupun untuk acara peresmian gedung pada Sabtu (25/3/2023). “Seksi acara sudah menyiapkan acara untuk dua momen kegiatan itu,” kata  Welybrodus.*

Penulis Wall Abulat/Editor:Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *