ENDE, FLORESPOS.net-Kurang lebih sepekan DPTD PKS Kabupaten Ende, NTT, membuka pendaftaran bagi bakal calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Ende yang akan bertarung pada Pilkada Ende.

Proses pendaftaran itu sudah resmi ditutup pada, Jumat (17/5/2024) malam. Bacalon Bupati, Stef Tani Temu adalah Bacalon Bupati yang mendaftar terakhir di PKS Ende.

Ketua Panitia Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati DPTD PKS Ende, Hasbula Mberu yang didampingi Sekretaris Panitia, Samsudin Hasan mengatakan sejak dibuka pendaftaran pada 10 Mei 2024 lalu hingga 17 Mei 2024 malam ada 4 Bacalon Bupati dan 1 pasangan Bacalon yang sudah mendaftar dan mengikuti proses di PKS.

Keempat Bacalon Bupati itu antara lain Djafar Achmad, Yosef Badeoda, Laurentius Gadi Djou, Stef Tani Temu dan Pasangan Bacalon Paket Era Milenial (Erik- Awaludin).

Dikatakan Hasbula Mberu, administrasi semua Bacalon dan pasangan Bacalon dinyatakan lengkap. Namun DPTD PKS Ende dan panitia belum bisa mengirimkan berkas ke DPW PKS Provinsi NTT di Kupang.

Alasan berkas pendaftaran itu belum dikirim karena berdasarkan intruksi dari DPP PKS berkas Bacalon yang akan dikirim dan mengikuti proses sudah dalam bentuk paket atau pasangan Bacalon.

Untuk itu DPTD PKS Ende dan panitia diberikan tugas baru untuk berkomunikasi dengan Bacalon  Bupati yang sudah mendaftar agar mengajukan Bacalon Wakil Bupati atau paket agar bisa dikirim ke pusat.

“Waktu pendaftaran ke KPU masih lama maka kami terus berkomunikasi dengan Bacalon Bupati yang sudah daftar untuk ajukan Bacalon wakilnya agar mengikuti proses di PKS,” katanya.

Jika dalam waktu dekat Bacalon Bupati yang sudah mendaftar tidak mengajukan Bacalon wakilnya atau paket maka PKS Ende akan mengirim berkas dari Bacalon yang mendaftar secara paket atau pasangan.

“Ini intruksi dari DPP maka kita terus bangun komunikasi dengan Bacalon pasca pendaftaran. Pengajuan ke atas mesti pasangan atau paket,” katanya.

Hasbula juga menambahkan selama sepekan membuka pendaftaran tidak ada figur yang mendaftar di PKS Ende sebagai Bacalon wakil bupati.

Ia juga mengatakan, ada tim dari salah satu figur yang sudah mengambil formulir pendaftaran tetapi tidak mendaftar hingga penutupan pendaftaran.

“Ada yang sudah ambil formulir pendaftaran tetapi hingga malam ini, Jumat 17 Mei 2024 tidak daftar,” katanya.

Ketua DPTD PKS Ende, Chairul Anwar mengatakan pada pemilu 2024 nanti PKS memiliki satu seat. Dengan demikian maka PKS Ende tentu membuka diri untuk membangun koalisi.

“Kami partai terbuka dan memiliki satu kursi saja maka pasti akan berkoalisi. Soal koalisi nanti kita akan lihat yang sejalan untuk bangun Ende,” katanya. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *