BAJAWA, FLORESPOS.net-Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu atau Berni Dhey resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Ngada pada Pilkada 2024 ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rabu (24/4/2024).

Politisi kalem datang mendaftar di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Ngada ditemani pengurus PKB Kabupaten Ngada, diantaranya Sekretaris Jois Djawa, Wakil Ketua Marsi Loko, sejumlah pengurus dan fungsionaris PKB Ngada lainnya seperti Dominikus Beghu, Elen Watu, Fitalis Fole dan Maximus Neto.

Kehadiran Berni Dhey dan rombongan diterima oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Ngada, Maria Lali, Sekretaris Aloysius Soa, Ketua Panitia Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Siprianus Bengu, Sekretaris Donatus Gapi dan sejumlah pengurus.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Ngada Maria D Lali kepada Florespos.net mengatakan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada di PDIP dibuka tanggal 16 April hingga 25 April 2024.

Sejak pembukaan, sudah lima orang bakal calon yang mengambil formulir dan yang sudah mendaftar dua orang, masing-masing Moses Jala Watu politisi Partai Nasdem Kabupaten Ngada yang mendaftar Selasa (24/4/2024) dan politisi PKB Bernadinus Dhey Ngebu pada Rabu (25/4/2024).

Kata dia, syarat pendaftaran selain profil diri juga persyaratan lain. PDIP sama sekali tidak menerima uang pendaftaran. Pendaftaran berakhir pada tanggal 30 April 2024 dan semua berkas yang diserahkan bakal calon akan dikirimkan ke DPD dan DPP PDIP.

Ditanya kemungkinan kader PDIP ikut mendaftar, dikatakan sebagai pimpinan partai tingkat kabupaten, dirinya juga diberikan kesempatan mencalonkan diri sama seperti kader lain dari partai lain.

“Sampai saat ini belum ada kader PDIP yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon baik Bupati maupun Wakil Bupati termasuk saya,” ungkapnya.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Ngada, Aloysius Soa menjelaskan, pihaknya merasa bangga atas kehadiran jajaran pengurus PKB Ngada mendampingi Ketua PKB Ngada. Itu berarti PDIP Ngada masih sebagai kekuatan untuk konstestasi demokrasi dan saling berkolaborasi.

PDIP, menurutnya menginginkan adanya kader-kader yang sama-sama mempunyai komitmen untuk orang kecil termasuk untuk membangun Kabupaten Ngada.

Dijelaskan, situasi akan berkembang bila ada kader partai yang ingin maju dan mendaftar dan yang pasti yang kader maupun non kader semuanya harus sesuai dengan keinginan masyarakat yang akan dilakukan lewat survei.

“Semua yang nantinya diakomodir tentunya juga bekerja sesuai visi dan misi PDIP yang konsen betul pada kepentingan rakyat kecil,” tambahnya.

Bakal calon Bupati Bernadinus Dhey Ngebu mengatakan PDIP merupakan partai besar yang mempunyai kontribusi besar pula untuk negara dan daerah.

Keinginannya mendaftar di PDIP karena pada hakekatnya untuk membangun Kabupaten Ngada haruslah bersama-sama sehingga peran partai politik merupakan hal yang penting di mana representasi partai politik ada di lembaga dewan.

Proses rekrutmen pemimpin biasanya ada pada partai politik sehingga dirinya bersama keluarga besar PKB Ngada mendatangi Sekretariat PDIP Ngada. Selain melamar sebagai bakal calon Bupati, juga sebenarnya bermaksud untuk bersama-sama membangun daerah.

Selain PDIP, dirinya sudah melamar ke PAN dan Demokrat Ngada.

“Saya juga akan mendaftar di Gerindra dan partai lainnya. PKB Ngada membuka pendaftaran mulai 1 Mei 2024 nanti,” katanya.

Data yang dihimpun Florespos.net perolehan kursi DPRD Kabupaten Ngada pada Pemilu 14 Februari lalu, partai yang dapat mengusung sendiri calon Bupati dan Wakil Bupati adalah Golkar dan Gerindra karena masing-masing memiliki 5 kursi.

Partai lain yang memperoleh 3 kursi dari 5 Daerah Pemilihan adalah Nasdem, Perindo, dan PDIP. Sedangkan PAN 2 Kursi dan Demokrat 1 Kursi. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *