Yos Boli: Anggota Dewan Jangan Intervensi Pemilihan Kepala Desa
Penulis: Maxi Gantung/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 12 Okt 2021, 06:58:57 WIB Nusa Bunga
Yos Boli: Anggota Dewan Jangan Intervensi Pemilihan Kepala Desa

Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero.


Lewoleba, Florespos.net - Anggota DPRD Lembata, Yos Boli Muda dalam rapat badan musyawarah Senin (11/10/2021) mengangkat terkait informasi di tengah masyarakat bahwa ada anggota dewan mengatasnamakan lembaga DPRD Lembata untuk melakukan intervensi pemilihan kepala desa.

Yoseph Boli Muda mengatakan informasi di tengah masyarakat bahwa ada anggota dewan yang melakukan intervensi pemilihan kepala desa. Yang lebih fatal lagi, bahwa anggota dewan membawa nama lembaga DPRD Lembata. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero mengatakan, anggota dewan diberikan tugas untuk melakukan pengawasan terhadap proses pemilihan kepala desa secara serentak. Pengawasan dewan penting agar Pilkades dapat berjalan dengan aman dan lancar dan sesuai dengan aturan.

Baca Lainnya :

Petrus Gero menambahkan, ketika  ada masyarakat atau panitia pemilihan kepala desa melakukan komunikasi atau konsultasi dengan anggota dewan, hal itu mesti dinilai sebagai bentuk pengawasan dan tidak berarti dewan lakukan intervensi.

Kata Petrus Gero, jika ada anggota dewan yang mengarahkan masyarakat untuk memilih salah satu calon itu baru namanya intervensi.

"Tetapi kalau  hanya ada panitia atau masyarakat atau calon kepala desa yang melakukan komunikasi dan konsultasi dengan anggota dewan, itu tidak berarti anggota dewan yang bersangkutan melakukan intervensi untuk pemilihan kepala desa," kata Ketua DPRD Lembata.

Lebih lanjut Petrus Gero mengatakan, Komisi I DPRD Lembata akan melakukan rapat kerja dengan pemerintah untuk membicarakan masukan-masukan dari dewan sesuai hasil monitoring proses pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Lembata yang saat ini sedang berlangsung.

Diketahui, saat ini proses pemilihan kepala desa di Kabupaten Lembata sudah masuk masa penetapan calon kepala desa. Dalam proses penetapan calon kepala desa di 144 desa di Kabupaten Lembata, ada desa yang terpaksa melakukan penjaringan ulang calon kepala desanya. Hal ini terjadi  karena ada  desa yang bakal calonnya hanya satu orang saja.

Di Kabupaten Lembata,  terdapat puluhan PNS aktif yang mendapat rekomendasi dari bupati untuk maju dalam pemilihan kepala desa. Selain PNS, ada juga mantan anggota DPRD Lembata  yang maju dalam pemilihan kepala desa.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment