Tiga Srikandi SMPK Frateran Ndao Lolos Tahap 2 KSN Tingkat Nasional
Redaksi.

By Editor Florespos 23 Okt 2021, 12:51:04 WIB Pendidikan
Tiga Srikandi SMPK Frateran Ndao Lolos Tahap 2 KSN Tingkat Nasional

Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk, M. Pd pose bersama tiga Srikandi SMPK Frateran Ndao yang lolos ke final KSN Nasional.


Ende , Florespos.net - Tiga srikandi terbaik SMPK Frateran Ndao, Kabupaten Ende  lolos ke tingkat Nasional dalam ajang lomba KSN (Kompetisi Sains Nasional) tahap 2, yang digelar 11 Oktober 2021. Ada tiga bidang lomba dalam KSN, yakni IPA, IPS dan Matematika.

Demikian rilis yang diterima Florespos.net dari Kepala SMPK Frateran Ndao,  Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk, M. Pd, Jumat (22/10/2021).


Frater Berchmans dalam rilisnya menyebutkan, untuk masuk babak final di tingkat Nasional, harus melalui dua tahap yang harus dilewati, yaitu tahap 1 dan tahap 2 oleh semua provinsi. Pada KSN tahap 1, SMPK Frateran Ndao mengirim 9 peserta didik untuk tiga bidang lomba, dan yang lolos ke tahap 2 adalah 8 orang.

Baca Lainnya :


Mereka yang lolos ke tahap 2 adalah, Yulita Anastasia Rosario Laru Seran,  Maria Viona Ngura Wasa, Maria Cantika Putri Via untuk bidang IPA. Untuk bidang IPS, yang lolos 3 orang, mereka adalah Melsha Febriana Hanky, Maria Jessica Putri Jade, dan Stefania Nataline Ga’a Paji.


Untuk bidang Matematika, yang lolos 2 orang. Mereka adalah, Alfonso Josua Tanjung dan  De Jesus Mesias Daga Sara Bhato. Perlu disampaikan bahwa yang lolos tahap 1 ke tahap 2 adalah, sekitar 3000-an peserta.

"Setelah lomba untuk tahap 2 yang digelar tanggal 11 Oktober 2021, dan hasilnya telah kami terima tanggal 20 Oktober 2021, melalui Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional  Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, No. 2458/J3/DM.01.03/2021, Tentang Penetapan Peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Nasional Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun 2021," kata Frater Berchmasn.

Ia menmabahkan, peserta yang lolos ke tingkat Nasional hanya tersisa 3 orang dari  SMPK Frateran Ndao dari  8 peserta didik. Mereka yang lolos ke tingkat Nasional  adalah untuk bidang IPA lolos: 2 orang, yaitu Maria Cantika Putri Fia (kelas IX), dan Yulita Anastasia Rosario Laru Seran (kelas IX).

Bidang Studi IPS yang lolos hanya: 1 orang, yakni Melsha Febriana Hanky (kelas VIII). Sedangkan untuk Matematika, kedua peserta gagal. 

 

"Saya memberikan apresiasi  atau penghargaan yang setinggi-tingginya kepada peserta didik yang lolos ke tingkat Nasional. Dari sekarang mereka telah mempersiapkan diri, dengan mempelajari dan mengembangkan materi sesuai dengan silabus KSN.  Saya juga telah meminta ketiganya dan juga kepada ibu/bapak guru pendamping agar  lebih fokus  menatap di final KSN, sebab lebih kompetitif pastinya," katanya.

 

Dia menerangkan, peserta yang lolos tahap 2 ke tingkat Nasional dari semua propinsi hanya tersisa 245 orang, untuk tiga bidang lomba.  Itu artinya tiap bidang lomba tersisa rata-rata 82 peserta. Dari 82 peserta  tiap bidang lomba mereka memperebutkan juara 1 (Gold), 2 (Silver) dan 3 (Bronze). 

"Makin ke final makin berat perjuangan mereka, namun kita berharap agar ketiganya bisa mengharumkan nama SMPK Frateran Ndao, Kabupaten Ende dan Provinsi NTT".


"Terimakasih kepada ibu Maltidis Mensi Tiwe, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Ende, beserta jajarannya yang telah mensupport secara langsung bertemu dengan ketiga srikandi SMPK Frateran Ndao, sebelum lomba dan setelah lomba KSN," katanya.


Kepada peserta  yang gagal Frateran memberikan dukungan agar tetap semangat, sebab masih ada kesempatan di waktu-waktu yang mendatang. Oleh karena itu, belajarlah dari kegagalan, sebab kegagalan itu adalah guru yang baik. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.


"Kepada ketiga srikandi SMPK Frateran Ndao, saya memberikan pesan secara khusus bahwa mereka bukan hanya mewakili SMPK Frateran Ndao, melainkan mewakili Kabupaten Ende dan bersama teman-teman dari kabupaten lain di Flores, khususnya Sikka adalah juga mewakili Provinsi NTT. Oleh karena itu, sekali lagi saya meminta mereka agar lebih fokus persiapan untuk final KSN yang bergengsi ini".


"Untuk itu saya mohon dukungan dan doa dari masyakat Kabupaten Ende dan NTT umumnya agar ketiganya dapat memberikan yang terbaik di tingkat Nasional. Selamat berjuang, Cantika, Tasya dan Melsha, ingatlah  Motto SMPK Frateran Ndao “Korban Jiwaku, Prestasi Nafasku, semoga dapat terwujud". * 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.