SMAS Katolik St. John Paul II Maumere Jadi Sekolah Model Literasi di NTT
Penulis: Wall Abulat/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 11 Okt 2021, 16:34:06 WIB Pendidikan
SMAS Katolik St. John Paul II Maumere Jadi Sekolah Model Literasi di NTT

Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi NTT, Polikarpus Do (kiri) menyerahkan secara simbolis bahan bacaan untuk SMAS Katolik John Paul II Maumere yang diterima Kepala Sekolah RD Fidelis Dua, S.Fil, M.Th bertepatan dengan HUT ke-32 lembaga pendidikan ini di Maumere, Senin (11/10/2021). (foto: wall abulat)


Maumere, Florespos.net - Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi NTT, Polikaspus Do membaptis SMAS Katolik St. John Paul II Maumere, Kabupaten Sikka sebagai  sekolah model yang sukses mengembangkan literasi di Provinsi NTT setelah lembaga ini berhasil menggerakkan para guru dan siswa menghasilkan empat buku karya siswa dan para guru selama tahun 2020/2021.

“SMAS Katolik John Paul II Maumere menjadi sekolah contoh dan model literasi di Provinsi NTT,” kata Polikarpus Do dalam sambutannya saat peluncuran dua buku terbaru karya siswa dan guru SMAS Katolik John Paul II Maumere yang diluncurkan oleh Kasek lembaga pendidikan ini, RD. Fidelis Dua, S.Fil, M.Th bertepatan dengan HUT ke-32 lembaga pendidikan ini di Kampus sekolah asuhan Sanpukat Maumere, Senin (11/10/2021).

Ada pun dua buku terbaru yang diluncur pada momen berahmat ini masing-masing berjudul  “Rangkaian Rindu” yang merupakan antologi puisi karya para siswa-siswi, dan buku “Cahaya di Atas Batas” yang merupakan antologi artikel ilmiah karya para guru SMAS Katolik John Paul II Maumere.

Baca Lainnya :

Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu, para siswa SMAS Katolik John Paul II juga menghasilkan dua buku antologi cerpen dengan judul “Merangkai Kisah” 1 dan 2.

Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi NTT, Polikarpus Do berkali-kali menyampaikan apresiasinya atas komitmen lembaga pendidikan ini, baik para guru maupun para siswa yang telah sukses memajukan budaya literasi.

“Kunci kesuksesan belajar adalah melalui budaya literasi.Sekolah ini telah berhasil mengembangkan budaya literasi,” kata Polikarpus Do.

Bangkit, Beraksi, dan Berkreasi

Kasek SMAS Katolik Santo John Paul II Maumere RD  Fidelis Dua dalam sambutannya menjelaskan bahwa tema HUT ke-32 lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu adalah “John Paul Bangkit,  Beraksi, dan Berkreasi.”

Romo Fidelis menjelaskan SMAS Katolik St. John Paul II Maumere merayakan HUT yang  ke-32, terkandung sebuah ajakan untuk bangkit, beraksi dan berkreasi agar mampu menghadapi pelbagai tantangan yang terjadi, seperti pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan berdampak besar terhadap pendidikan.

“Karena itu, ajakan ini untuk mempererat tangan satu sama lain dan untuk bulatkan tekad. Hanya ada satu kunci untuk bangkit, beraksi dan berkreasi di tengah situasi sulit, pandemi Covid-19 yakni memiliki lembaga ini bukan sekadar perasaan like and dislike, melainkan perasaan yang menyatu dalam cinta untuk terus mempersembahkan diri dan hidup seutuhnya/dedikasi total".

"Patut kita jempol bahwa sekolah ini terus berubah seperti sekarang. Ini semua karena aksi dan kreasi kita bersama. Namun kita tidak cukup berdetak kagum dengan apa yang telah kita capai. Kita harus terus bangkit dan berbenah. Sebagai pimpinan lembaga, kami selalu berusaha untuk merancang program-program yang menjawabi tuntutan penyelenggaraan pendidikan saat ini,” kata Romo Fidelis.

Dua Program Prioritas

Romo Fidelis mengakui di tengah pergumulan panjang pandemi covid-19, pihak sekolah mengembanagkan dua program prioritas, yakni mengembangkan literasi dan manajemen sekolah berbasis website, dan membangun asrama.

“Literasi untuk menggelorakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang telah dikumandangkan selama ini. Literasi tidak sekadar program dan wacana, tetapi menjadi sebuah aksi nyata agar terbentuk sebuah budaya literasi di sekolah dengan dan menghasilkan buah dari literasi,” katanya.

Pada momen HUT 32 hari ini,  lanjut Romo Fidelis, sekolah menghasilkan budaya literasi dan buah literasi seperti ada pemberkatan ruang baca, dan fasilitas penunjang budaya membaca.

“Memang sudah ada Gerakan Sabtu membaca di sekolah ini, tetapi untuk semakin mendorong kemauan membaca, ruang baca yang dibangun ini menjadi tempat yang nyaman untuk terus membaca. Kami akan menambahkan judul buku di perpustakaan dari tahun ke tahun. Sepanjang tahun 2020 baik guru dan peserta didik  telah menghasilkan 4 buah buku sebagai hasil dari membaca. Ada program menulis buku setiap tahun. Kami juga mengembangkan website:www.smaskjohnpaul2maumere.sch.id sebagai basis manajemen sekolah. Untuk ini semua kami membutuhkan kerja sama dengan semua pihak,” kata Romo Fidelis.

Kebanggaan Keuskupan Maumere

Sementara Wakil Uskup Maumere, RP. Telesforus Jenti, O.Carm dalam sambutannya antara lain mengemukakan bahwa SMAS Katolik yang saat ini dipimpin RD. Fidelis Dua itu merupakan satu-satunya SMA di Keuskupan Maumere yang berada di bawah Yayasan persekolahan Umat Katolik (Sanpukat).

Sekolah ini telah mengharumkan nama Keuskupan Maumere/Kabupaten Sikka di pelbagai ajang lomba dan terobosan di Tingkat Provinsi dan nasional, termasuk di bidang literasi.

“SMAS Katolik John Paul II ini  telah mengharumkan nama Keuskupan Maumere dan Kabupaten Sikka di tingkat Provinsi dan Nasional, termasuk di Bidang Literasi,” kata Vikjen RP. Telesforus Jenti.

Sekda Kabupaten Sikka Adrianus F. Parera dan anggota DPRD Sikka Stef Sumandi menyampaikan apresiasi atas pelbagai terobosan SMAS Katolik John Paul II Maumere di pelbagai bidang, termasuk di bidang literasi yang mengharumkan nama Kabupaten Sikka.

”Kami menyampaikan apresiasi atas pelbagai terobosan yang dilakukan SMAS Katolik John Paul II, khusus di bidang literasi,” kata Sekda Adrianus F. Parera.

Apresiasi yang sama disampaikan Koordinator Pengawas SMA/MA Kabupaten Sikka Mikhael Maran dan Ketua Komite SMAS Katolik John Paul II, Yoce Mali Seda.

Disaksikan media ini, rangkaian acara HUT ke-32 SMAS Katolik Santo John Paul II diawali dengan perayaan ekaristi kudus yang dipimpin Vikjen Keuskupan Maumere RP Telesforus Jenti, O.Carm didampingi Kasek SMAS Katolik John Paul II, RD Fidelis Dua, S.Fil, M.Th dan beberapa imam konselebrantes.

Usai misa dilanjutkan dengan pemberkatan Gedung Asrama Putra  Ruang Baca Santa Agnes SMAS Katolik John Paul II oleh Vikjen RP Telesforus Jenti, O.Carm.

Di akhir perayaan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis ribuan bacaan dari Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi NTT, Polikaspus Do kepada SMAS Katolik Santo John Paul II yang diterima Kepala Sekolah RD Fidelis Dua, S.Fil, M.Th.

Hadir dalam rangkaian acara ini di antaranya Sekda Kabupaten Sikka Adrianus F. Parera, Anggota DPRD Sikka Stef Sumandi, Ketua Panitia Estakius L. Pitang, para alumnus SMAS Katolik John Paul II, perwakilan yayasan, dan pendidik, para guru dan siswa SMAS Katolik John Paul II Maumere. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment