Siswa SMPK Frater Maumere Raih Medali Emas IPS Kompetisi Sains Tingkat Nasional
Penulis: Wall Abulat/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 16 Nov 2021, 12:16:46 WIB Pendidikan
Siswa SMPK Frater Maumere Raih Medali Emas IPS Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Peraih Medali Emas Bidang Studi IPS Terpadu Aaron Evander Kurniawan (ke-2 dari kanan) dan juara harapan Sixtia Amelia Mekeng (ke-2 dari kiri) berpose bersama Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd dan guru pendamping bidang Studi IPS, Maria Octaviana, S.Pd (kiri) dan Albertus Lidi Dong, S.Pd (kanan), Selasa (16/11/2021). Foto Wall Abulat


Maumere, Florespos.net-Siswa Kelas IX SMPK Frater Maumere, Aaron Evander Kurniawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih medali emas di tingkat nasional.

Aaron, begitu Evander Kurniawan disapa meraih juara 1 Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional untuk bidang studi IPS Terpadu.

Kompetisi ini berlangsung secara online diselenggarakan pada tanggal 8-9 November 2021 dan para pemenang diumumkan Jumat 12 November 2021.

Baca Lainnya :

Selain itu, seorang siswi SMPK Frater lainnya, Sixtia Amelia Mekeng biasa disapa Amel meraih juara harapan dalam ajang lomba yang sama.

Raihan dua prestasi itu, disambut gembira komponen SMPK Frater Maumere dan Yayasan Pusat Mardi Wiyata, yang berkedudukan di Malang, Provinsi Jawa Timur.


Aaron Evander Kurniawan dan Sixtia Amelia Mekeng berpose bersama Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd. Foto Wall Abulat

Didampingi Kepala SMPK Frater Maumere Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd dan dua guru pendamping Bidang Studi IPS Ibu Maria Octaviana, S.Pd dan Albertus Lidi Dong, S.Pd serta staf Humas/Guru Agama SMPK Frater Thomas Tunga, S.Fil, perauh juara Aaron dan Amel kepada Florespos.net, Selasa (16/11/2021)  mengaku bangga bisa meraih prestasi di tingkat nasional.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian medali emas dalam ajang Lomba KSN tingkat nasional untuk Bidang Studi IPS Terpadu ini,” kata Aaron gembira.

Aaron mengatakan, pada lomba hari pertama tanggal 8 November 2021, dia dan peserta lain mengerjakan 8 soal urain.

“Sementara pada lomba hari kedua, tepatnya 9 November 2021, kami mengerjakan soal pilihan ganda 60 nomor, dan uraian 8 nomor dengan durasi waktu 2,5 jam. Semua soal, saya kerjakan dengan baik,” katanya.

Menurut Aaron, sejak awal dia mengaku optimis bisa meraih prestasi gemilang di ajang lomba tersebut, karena selama ini sudah mempersiapkan diri secara baik dengan membaca dan menguasai materi seputar IPS Terpadu dari pelbagai buku, dari internet, nonton televisi, dan sumber-sumber ilmiah lainnya.

“Setelah mengerjakan soal dengan baik, maka saya sudah mulai optimistis bahwa saya dapat medali,” katanya.

Optimistis Aaron memang menjadi kenyataan, tatkala Panitia Pusat Prestasi Nasional mengumumkan namanya sebagai juara I dan berhasil meraih medali emas KSN tingkat nasional untuk Bidang Studi IPS Terpadu.

“Saya sangat bergembira karena perjuangan saya dan bimbingan guru pendamping bidang studi dan dukungan Kepala Sekolah dan semua komponen sekolah membuahkan hasil dengan mempersembahkan medali emas,” kata Aaron.

Aaron dan Amel berjanji siap mengikuti lomba bidang mana pun, baik IPS maupun bidang studi lain yang digelar secara nasional dan internasional di waktu-waktu yang akan datang.

“Kami siap mengikuti ajang lomba bidang studi apa pun yang diselenggarakan secara nasional dan internasional,” kata Aaron dan Amel.

Siapkan Penghargaan

Sementara Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Aaron dan Amel.

“Saya dan semua komponen sekolah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih Aaron yang mengharumkan nama SMPK Frater Maumere, nama Kabupaten Sikka dan NTT di tingkat nasional. Ini prestasi langka dengan mempersembahkan emas di tingkat nasional dalam ajang kompetisi yang diikuti semua siswa berprestasi dari semua provinsi di Indonesia,” katanya.

Frater Herman mengatakan sekolah akan memberikan penghargaan yang layak, baik kepada peraih prestasi maupun guru pendamping Bidang Studi IPS.

“Wujud apresiasi kami kepada siswa berprestasi dan guru pendamping dengan memberikan penghargaan yang layak. Kami akan memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi dan guru pendamping dalam waktu dekat,” kata Frater Herman yang juga Kepala Yayasan Mardi Wiyata Sub Perwakilan Maumere ini.

Diketahui sebelumnya, dua siswa kelas 9 SMPK Frater Maumere Aaron Evander Kurniawan dan Sixtia Amelia Mekeng mewakili Provinsi NTT dalam lomba KSN untuk Bidang Studi IPS Terpadu.

Mereka mewakili NTT setelah lolos dalam ajang kompetisi serupa tingkat Provinsi yang dilangsungkan secara virtual pada 11 Oktober 2021 lalu.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.