Selamat Ulang Tahun
Oleh Amandus Klau

By Admin Florespos 10 Okt 2021, 10:01:29 WIB Bentara Net
Selamat Ulang Tahun

Amandus Klau, Dosen Komunikasi STFK Ledalero


Tanggal 10 Oktober 2021, Florespos.Net (versi online) dan Mingguan Flores Pos Net (versi cetak) merayakan ulang tahunnya yang pertama. Media ini didirikan pada tanggal 10, bulan 10, tahun 2020. Ia lahir pada tanggal, bulan, dan tahun yang didominasi angka “0”.

Angka ini melambangkan bilangan nol yang berarti kosong atau tidak ada objek apa pun. Namun, angka “nol” memainkan peran penting dalam matematika sebagai identitas tambahan untuk bilangan bulat, bilangan real, dan struktur aljabar lainnya.

Lantas, apakah tanggal kelahiran yang cantik ini membawa energi positif bagi media online sekaligus koran mingguan yang bermarkas di Ende dan dicetak di Kupang ini?

Baca Lainnya :

Dari perspektif Ilmu Topografi Kuno China, tanggal kelahiran yang cantik bisa saja membawa keberuntungan. Terbukti, media yang nekat didirikan pada saat wabah virus corona sedang mengganas itu bisa berjalan lancar dan kini merayakan ulang tahunnya yang pertama.

Florespos.Net dan Mingguan Flores Pos Net didirikan setelah pihak PT. Arnoldus Nusa Indah (PT.ANI) mengumumkan secara resmi penutupan koran terbesar di Flores yakni Harian Umum Flores Pos pada tanggal 10 September 2020.

Penutupan media tersebut tentu saja berdampak pada 40 karyawannya, baik wartawan maupun tenaga bisnis. Mereka pasti di-PHK oleh PT. ANI dan terancam kehilangan pekerjaan.

Namun, untuk menghindari risiko kehilangan pekerjaan dan menambah angka pengangguran di negeri ini, P. Amandus Klau, SVD – atas izinan dan persetujuan lisan Provinsial SVD Ende – menghimpun para mantan wartawan Harian Umum Flores Pos dan dua orang tenaga bisnis untuk mendirikan sebuah media baru.

Dan, puji Tuhan, media tersebut akhirnya berhasil didirikan dengan nama Florespos.Net untuk versi online dan Mingguan Flores Pos Net untuk versi cetak. Media ini bernaung di bawah payung hukum PT. Nusabunga Media Grup, yang struktur kepengurusannya diisi oleh para mantan wartawan Flores Pos itu sendiri.

Kelahiran media ini hanya bermodalkan tekad dan komitmen misi SVD: option for the poor. Bayangkan, ketika banyak perusahaan di negeri ini gulung tikar akibat hantaman wabah Covid-19, seorang imam SVD bersama sekelompok mantan wartawan yang tak bermodal berani mendirikan sebuah perusahaan baru. Tetapi itulah perwujudan iman kristiani: tetap mempunyai pengharapan di tengah kesulitan dan segera bangkit lagi setelah terjatuh.

Selain itu, ada optimisme dalam diri para wartawan sendiri bahwa jika sebuah media dikelola secara jujur dan independen di atas landasan kerja sama yang baik, media itu pasti akan hidup. Faktor internal kekurangan kerja sama di antara para pemilik sebuah perusahan adalah awal kehancuran perusahaan itu. Tidaklah mungkin sebuah perusahaan bisa maju, jika yang lain ingin memajukannya tetapi yang lain lagi menariknya mundur ke belakang.

Tentang karakter atau kekhasan media baru ini, secara prinsipiel, tak jauh berbeda dari “induknya” Harian Umum Flores Pos. Media ini akan tetap mengutamakan kepentingan masyarakat kecil. Apalagi, para pemiliknya kini adalah benar-benar orang-orang kecil. Bahkan, korban PHK dari sebuah perusahaan yang salah diurus.

Selain itu, independensi juga menjadi karakter khas media ini. Prinsip utama Florespos.Net dan Mingguan Flores Pos Net ini adalah tidak mau ditunggangi oleh kepentingan pribadi mana pun.

Media ini tidak ingin menjadi corong lembaga tertentu, pemerintah, atau politisi mana pun, yang cenderung menyerang secara fulgar lembaga atau pihak tertentu yang menjadi lawan politik mereka.

Media ini hanya ingin menjadi sungguh “medium” yang menyajikan fakta secara kritis dan berimbang, serta menawarkan solusi-solusi yang bermanfaat, bukan sebaliknya gencar mencerca dan memprovokasi pribadi, lembaga, atau pihak mana pun di dalam masyarakat.

Demikianlah karakter dan cara media ini ingin hidup. Semoga Panjang Umur dan bermanfaat bagi masyarakat Flores dan NTT umumnya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment