PUPR NTT Sosialisasi Proyek Jalan Provinsi di Solor
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 14 Okt 2021, 12:27:05 WIB Nusantara
PUPR NTT Sosialisasi Proyek Jalan Provinsi di Solor

Tim sosialisasi dari Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi NTT pose bersama Camat Solor Barat, Camat Solor Timur (duduk ketiga dan keempat kanan) dan sejumlah kades di Solor Barat dan Solor Timur seusai kegiatan sosialisasi, Selasa (12/10/2021) sore. Foto: Frans Kolong Muda.


Larantuka, Florespos.net-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (12/10/2021) sore menggelar sosialisasi pelaksanaan paket proyek peningkatan jalan provinsi ruas Ritaebang-Podor-Lamakera di Pulau Solor tahun anggaran 2021.

Staf dari Dinas PUPR Provinsi NTT yang menyampaikan sosialisasi adalah Aris Doni Muga dan Karel, didampingi staf lainnya.

Staf  Bidang Bina Marga, Dinas PUPR NTT, Aris Doni Muga dalam paparan menjelaskan, proyek jalan provinsi di Pulau Solor tahun 2021 nomenklatur pekerjaan dari titik nol simpang Puskesmas Ritaebang-Podor-Lamakera.

Baca Lainnya :

Volume atau panjang jalan, kata dia, sepanjang 18 Km, dengan lebar badan jalan hotmix 3,5 meter, bahu kanan dan kiri jalan masing-masing 1 meter. Proyek ini katanya, dibiayai skema pinjaman dana dari Pemprov NTT pada PT. Multi Sarana Infrastruktur (MSI) sebesar Rp34.751.941.000.

“Jalan provinsi di NTT terukur sepanjang 2.65 Km. Pada tahun anggaran 2021 proyek jalan provinsi di NTT ditetapkan sebanyak 77 paket termasuk 5 paket di Kabupaten Flotim di dalamnya paket Ritaebang-Podor-Lamakera sepanjang 18 Km yang dibiayai APBD NTT 2021 sebesar Rp35.751.941.000,” katanya.

Aris mengatakan, pelaksanaan pekerjaan proyek jalan provinsi di Solor tahun 2021 untuk 7 segmen antara lain, Segmen I dalam kelurahan Riitaebang, segmen II di lokasi U'uma, segmen III di lokasi Hokeng Herin Desa Balaweling II hingga di ujung timur Desa Balaweling I.

Segmen IV di lokasi depan Kantor Desa Pamakayo hingga Tower Telkomsel Hapekotek, segmen V dari tower Telkomsel Hapekotek hingga ujung jalan Hotmix Desa Ongalereng.

Dan segmen VI ujung hotmix Podor Desa Lewohedo hingga ujung hotmix Desa Lohayong II, segmen VII ujung hotmix Desa Menanga hingga ujung hotmix Desa Labelen (Goran).

“Proyek jalan hotmix jalan Provinsi di Solor sepanjang 18 Km. Masa pelaksanaan pekerjaan 240 hari kalender (8 bulan). Kontraktor pelaksana PT. Masa Indah Permai, konsultan pengawas PT. Dimensi. Proyek dibiayai sumber dana pinjaman Pemprov NTT dari PT. Sarana Multi Infrastruktur,” jelas Aris.

Staf Dinas PUPR NTT, Karel menambahkan tujuan sosialisasi proyek jalan provinsi di Solor mendapatkan pemahaman bersama dan dukungan dari Camat, para Kades, tokoh masyarakat, dan calon penerima manfaat.

Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa diharapkan mendukung agar pelaksanan proyek berjalan baik dari awal pelaksanan Oktober 2021 hingga selesai 100 persen Juli 2022. Jalan yang dikerjakan masuk kategori rusak berat dan rusak ringan.

“Solor mendapat alokasi 18 km dengan pagu anggaran Rp 34 miliar lebih dan ini berkat buat masyarakat Solor. Masyarakat dimohon dukungan nyata dalam pelaksanaan proyek jalan di Solor.  Proyek jalan ini tidak ada anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pembebasan tanaman,” katanya.

Kegiatan sosialisasi terpusat di aula Desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur, dibuka oleh Camat Solor Barat Piter Kewuan.

Hadir Camat Solor Timur, Abdul Wahid Bapa Ana, Sekcam Solor Barat, Benny Jawan, Kapolpos Solor Barat, Agus Niron, Kades Lewohedo, Kades Karawatung, Kaur Pembangunan Desa Ongalereng, Kades Pamakayo, Kades  Lewonama, Kades  Balaweling I, Penjabat Kades Balaweling, dan pengawas Proyek PT. Krisindo Sukses Sejahtera, Stefanus Kein.

Camat Solor Barat Piter Kewuan dalam sambutan membuka kegiatan sosialisasi dan Camat Solor Timur Abdul Bapa Ana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov NTT cq Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang sudah mengalokasikan anggaran fantastis membiayai pembangunan infstruktur jalan raya hotmix di Pulau Solor tahun 2021.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.