PON Papua, Dua Atlet Kempo Asal Mabar Perkuat NTT
Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 20 Sep 2021, 17:20:44 WIB Olahraga
PON Papua, Dua Atlet Kempo Asal Mabar Perkuat NTT

Nani Suwardi Pelatih Kempo Mabar (kiri) dan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas PKO Mabar Salesius Tamur.


Labuan Bajo, Florespos.net - Dari 21 orang atlet kempo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ikut bertarung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-0 Tahun 2020 di Papua pada 2021, dua di antaranya merupakan Atlet Kempo asal Manggarai Barat (Mabar). Keduanya adalah Siska dan Yulia Savitri Badar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar mendukung hal ini.

Salesius Tamur, Kepala Bidang, Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Mabar mengatakan itu kepada Florespos.net di Labuan Bajo, Senin (20/9/2021). Ada bersamanya pelatih Kempo Mabar yang juga staf Dinas PKO Mabar, Nani Suwardi.

Suwardi mengungkapkan, jumlah atlet kempo asal NTT yang ikuti PON XX/ 2020 di Papua 21 orang. Dari 21 orang itu, 17 di antaranya dari nomor embu (permainan teknik).

Baca Lainnya :

Sedangkan 4 orang lain dari nomor perkelahian bebas (Randori). Mereka terdiri dari 2 putra dan 2 putri. Dan kedua putri  semuanya berasal dari Mabar, yaitu Siksa dan Yulia Savitri Badar.

Masih Suwardi, keduanya sudah berada di Pusat Pelatihan NTT di Kupang sejak Maret 2021. Saat ini mereka berdua bersama atlet yang lainnya sedang menunggu giliran pemberangkatan menuju  Papua mengikuti PON XX Tahun 2020. Mereka terpilih sebagai utusan/mewakili NTT bersama atlet NTT lainnya.

Pengiriman atlet tidak sekaligus, tapi bertahap/giliran sesuai olahraga mana yang gelar duluan maka itu yang dikirim lebih dulu. PON XX Tahun 2020 mundur ke 2021, kata Suwardi.

Suwardi melanjutkan, Siska turun di kelas 55 kilogram (kg) putri dewasa dan Yulia Savitri Badar turun di kelas 60 kg, juga untuk kelompok putri dewasa.

Tamur menambahkan, Siska output SMK Stelamaris Labuan Bajo dan Yulia Savitri Badar tamatan SMK Negeri I Labuan Bajo dan sudah bekerja.

Tamur dan Suwardi mengungkapkan, Pemkab Mabar mendukung penuh atas pengiriman 2 atlet Kempo Mabar ke PON XX Tahun 2020 di Papua yang dilaksanakan 2021.

Tamur menambahkan, meski di tengah pandemi Covid-19, atlet kempo di Mabar terus berlatih secara rutin, kontinyu, katanya diamini Suwardi. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment