Polres Manggarai Tetapkan FJ, Tersangka Kasus Percabulan Anak Kandung
Penulis: Christo Lawudin/Editor:Wentho Eliando

By Editor Florespos 16 Sep 2021, 09:58:03 WIB Hukum
Polres Manggarai Tetapkan FJ, Tersangka Kasus Percabulan Anak Kandung

Polisi saat mendatangi rumah terduga pelaku percabulan anak di Kelurahan Karot, Ruteng.


Ruteng, Florespos.net-Penyidik Polres Manggarai menetapkan status tersangka kepada FJ (40), terduga pelaku percabulan anak kandung di Ruteng, Kecamatan Langke Rembong. Kini penyidik fokus menyelesaikan berita acara pemeriksaan agar diproses lebih lanjut di Kejaksaan.

Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo melalui Humas Ipda I Made Budiarsa dihubungi per telepon, Kamis (16/9/2021) mengatakan, penyidik di Unit PPA bekerja cepat memproses hukum kasus percabulan anak kandung di Kelurahan Karot. Dan terduga FJ telah ditetapkan menjadi tersangka.

“Dapat saya informasikan perkembangan dari proses hukum kasus percabulan di Karot itu. Beberapa hari lalu, FJ ditetapkan menjadi tersangka,” katanya.

Baca Lainnya :

Budiarsa mengatakan, penetapan FJ menjadi tersangka setelah memenuhi unsur sesuai ketentuan hukum yang ada yang diperoleh dari hasil pemeriksaan korban, bukti-bukti, seperti hasil visum et repertum, dan lain-lain.

“Selanjutnya membereskan berita acara pemeriksaan tersangka. Kalau sudah beres, maka diserahkan ke Kejaksaan untuk dilihat, apakah sudah memenuhi syarat atau tidak. Kalau belum, maka dikembalikan ke penyidik untuk dilengkapi,” katanya.

Tersangka FJ, kata Budiarsa, dikenakan Pasal 81 ayat (1) Jo ayat (3) UU No.17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perppu No. 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi undang-undang.

“Dalam pasal itu, tersangka diancam hukuman penjara maksimal 20 tahun,” katanya.

Seorang warga Kota Ruteng, Marten Babur mengatakan, heboh dengan kejadian itu. Apa yang terjadi sangat disesali dan dikutuk oleh siapa pun. “Kasus ini harus diproses cepat dan terduga harus di hukum berat,” katanya.

Diketahui, kasus percabulan anak kandung di Ruteng itu, terungkap ke publik pasca kakak kandung korban melaporkan ke polisi pekan lalu. Pasca laporan itu, tim terpadu dari kepolisian bergerak cepat menangkap terlapor, FJ.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment