Pilkades di Lembata, Panitia Tetapkan Tiga Calon Kepala Desa Laranwutun
Penulis: Maxi Gantung/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 15 Okt 2021, 13:02:37 WIB Desa Kita
Pilkades di Lembata, Panitia Tetapkan Tiga Calon Kepala Desa Laranwutun

Ketua Komisi III DPRD Lembata Antonius Mola Leumara melakukan monitoring proses pemilihan kepala desa di Kecamatan Ile Ape.


Lewoleba, Florespos.net-Penyelenggaraan dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lembata yang puncaknya terjadi pada 8 November 2021, terus bergulir sesuai tahapan dan jadwal.

Di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape, panitai pemilihan, sesuai tahapan dan jadwal pada Rabu (13/10/2021) menetapkan tiga nama dan nomor urut calon Kepala Desa yang nantinya dicloblos oleh masyarakat setempat pada 8 November 2021 mendatang.

Tiga nama dan nomor urut calon Kepala Desa Laranwutun yang ditetapkan oleh panitia pemilihan, yakni Polikarpus Demon nomor urut 1, Aloysius Ola nomor urut 2 dan Yulius Legaama Tedemaking nomor urut 3.

Baca Lainnya :

“Setelah dilakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon dan pemeriksaan adminitrasi, panitia akhirnya menetapakan tiga bakal calon menjadi calon kepala desa pada Rabu (13/10/2021),” kata Ketua Pantia Pilkades Desa Laranwutun, Bernadus Atawatan, Kamis (14/10/2021).

Bernadus yang saat itu didampingi Sekretaris, Kanisius Ukeng kepada Ketua Komisi III DPRD Lembata Antonius Molan Leumaran yang saat itu melakukan monitoring proses Pilkades di Kecamatan Ile Ape mengatakan di Desa Laranwutun ada 4 bakal calon kepala desa.

Namun dalam proses penjaringan dan penyaringan serta pemeriksaan adminitrasi, panitia menetapakan tiga bakal calon kepala desa. Setelah penetapan pada hari yang sama dilanjutkan pengambilan nomor urut.

“Tiga calon Kepala Desa Laranwutun yang ditetapkan, yakni Polikarpus Demon nomor urut 1, Aloysius Ola nomor urut 2 dan Yulius Legaama Tedemaking nomor urut 3,” kata Bernadus.

Sementara, kata Bernadus untuk menetapkan daftar pemilih tetap, panitia datang dari rumah ke rumah untuk memastikan bahwa mereka benar penduduk dan tinggal di Desa Laranwutun.

“Jika dibandingkan dengan pemilihan legislatif beberapa tahun lalu, jumlah pemilih di Desa Laranwutun mengalami pengurangan karena berbagai faktor, yakni meninggal dunia, merantau dan pindah penduduk,” katanya.

Data yang diperoleh Florespos.net, jumlah pemilih tetap di Desa Laranwutun sebanyak 786 pemilih. Laranwutun merupakan desa dengan jumlah pemilih terbanyak kedua di Kecamatan Ile Ape.

Saat ini, di Kabupaten Lembata sedang dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak pada 144 desa. Pelaksanaan Pilkades serentak atau pencoblos akan terjadi pada tanggal 8 November 2021 mendatang.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment