Persiapan Desa, Calon Desa Balaweling III Luncurkan Empat Kegiatan Utama
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 23 Nov 2021, 14:36:26 WIB Desa Kita
Persiapan Desa, Calon Desa Balaweling III Luncurkan Empat Kegiatan Utama

Alat berat excavator milik PT. Krisindo Sukses Sejahtera melakukan penggusuran jalur lokasi membuka jalan baru dari tepi Kampung Lamariang ke arah calon lokasi pelabuhan laut Pantai Oneng, Desa Balaweling II, Kecamatan Solor Barat, Senin (22/11/2021). Foto: Frans Kolong Muda


Solor, Florespos.net-Ketua Panitia Pemekaran Desa Balaweling II, di Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Ambrosius Ile Niron mengatakan, Pemerintah Calon Desa Persiapan Balaweling III didukung Panitia Pemekaran Desa Balaweling II meluncurkan empat kegiatan utama.

Ambros mengatakan, empat kegiatan utama mendukung dan menyukseskan harapan masyarakat menjadi definitif Desa Balaweling III itu, yakni pertama, pembukaan jalan baru sepanjang 359 meter dari Perkampungan Lamariang sebagai ibu desa ke arah lokasi calon pelabuhan laut di Pantai Oneng.

Kedua, pembukaan Pasar Harian Harun Bala. Ketiga, pembangunan talud Namang Rumah Adat Suku Muda Ile Jadi sepanjang 40 meter. Keempat, pembangunan lorong di Kampung Lamariang sepanjang 75 meter.

Baca Lainnya :

“Keempat kegiatan penting pembangunan di wilayah calon desa persiapan itu sudah sukses dilakukan masyarakat secara gotong royong, swadaya dan swadana,” kata Ambros.

Ambros mengatakan, bantuan lain berasal dari PT. Krisindo Sukses Sejahtera yang saat ini melaksanakan proyek jalan hotmix ruas jalan provinsi di Pulau Solor.

Manajemen membantu membuka jalan baru sepanjang 359 meter dari Perkampungan Lamariang ke arah lokasi calon pelabuhan laut di Pantai Oneng menggunakan kendaraan berat excavator.

Kegiatan penggusuran medan jalan baru itu sudah dilakukan operator alat berat excavator milik PT. Krisindo pada Minggu (21/11/2021). Masyarakat Kampung Lamariang tidak mampu secara finansial membiayai atau menyewah alat berat membuka jalan baru dengan medan yang cukup berat itu.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Manajemen PT. Krisindo Sukses Sejahtera dengan hati ikhlas dan dermawan membantu masyarakat membuka ruas jalan desa baru di wilayah Calon Desa Persiapan Balaweling III (desa pemekaran dari induk Desa Balaweling II-Red),” kata Ambros.

Ketua Lembaga Pemangku Adat Kampung Lamariang, Bernadus Baran Muda dalam permbincangannya dengan Florespos.net, Selasa (23/11/2021) siang mengaku, masyarakat Calon Desa Persiapan Balalawing III tidak mempunyai uang selain semangat persatuan seluruh komponen membangun kampungnya.

Masyarakat Kampung Lamariang yang masih bergantung pada desa induk Desa Balaweling II itu hanya mengandalkan semangat dan kekuatan gotong royong membangun Lewotana. Spirit gotong royong yang diwariskan leluhur Lewotanah terus dihidupkan sampai ke anak cucu.

“Kami baru berumur 2 bulan setelah mengajukan proposal pemekaran desa ke Pemkab dan DPRD Flotim pada awal Oktober 2021. Kami tidak punya uang.  Kami hanya bermodalkan keberanian dan semangat. Kami sudah sukses buat tiga pekerjaan besar pembangunan di kampung,” kata Bernadus Baran.

Tiga pekerjaan dimaksud Bernadus Baran, yakni pembukaan Pasar Harun Bala yang sudah beroperasi pada Sabtu (20/21/2021), pembangunan talud Namang Rumah Adat pada awal November 2021, pembukaan lorong kampung pada akhir Oktober 2021, dan pembukaan jalan baru ke lokasi calon pelabuhan laut Pantai Oneng.

“Semua kegiatan itu sudah sukses kami lakukan di tengah gejolak pandemi Covid-19 yang belum terah saat ini,” katanya.

Bernadus Baran, juga mewakili "ribu ratu" (masyarakat adat) Kampung Lamariang mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan PT. Krisindo Sukses Sejahtera yang sudah membantu dengan hati ikhlas membuka jalan desa menggunakan alat berat.

“Ribu ratu komunitas adat Duli Muda di Kampung Lamariang hanya mampu mendoakan memohon Tuhan Yang Maha Kuasa melapangkan usaha PT. Krisindo Sukses Sejahtera melanjutkan proyek pembangunan jalan raya di Solor, agar ke depannya dinamika pembangunan dan perekonomian di Solor berjalan maju,” katanya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.