Pemkab Flores Timur Mesti Responsif Proses Pembangunan RS Pratama Solor
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 13 Okt 2021, 09:57:36 WIB Nusa Bunga
Pemkab Flores Timur Mesti Responsif Proses Pembangunan RS Pratama Solor

Wakil Ketua DPRD Flotim, Matias Werong Enai


Larantuka, Florespos.net-Pemerintah Kabupaten Flores Timur (Pemkab Flotim) mesti responsif melakukan pendekatan dengan Kementerian Kesehatan dan Komisi DPR RI yang membidangi Kesehatan Masyarakat dalam upaya nyata mempercepat proses pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama di Pulau Solor.

“Wacana pembangunan RS Pratama Solor sudah dimulai pada tahun 2017 dan 2018. Pemkab mesti cepat tanggap melakukan pendekatan agar bisa segera terealisasi,” kata Wakil Ketua DPRD Flotim, Matias Werong Enai menjawab Florespos.net, Selasa (12/10/2021).

Matias menyatakan, masyarakat Solor sudah mendengar isu politik pembangunan RS Pratama. Pemerintah Flotim pun menyambut rencana itu sebagai sarana kesehatan yang urgen memperpendek rentang pelayanan pengobatan bagi masyarakat di Pulau Solor.

Baca Lainnya :

Matias mengaku isu dan rencana pendirian RS di Solor pertama disampaikan Anggota DPR RI dari Partai Gerindra Pius Lustrilanang (kini tidak lagi Anggota DPR RI-Red) dalam resesnya di Pulau Solor pada tahun 2018.

“Ketika Pak Pius bicara tentang rencana pendirian Rumah Sakit Pratama di Solor, masyarakat manyambut gembira. Pemkab dan DPRD Flotim juga mendukung pembangunan rumah sakit di Solor,” katanya.

“Masyarakat Desa Lewohedo, Solor Timur juga ikhlas menghibahkan tanah seluas 3 Ha sebagai lokasi pembangunan sarana dan fasilitas rumah sakit. Rencana pendirian rumah sakit di Solor mesti terus diperjuangkan pemangku kepentingan daerah yakni Pemkab Flotim, DPRD, dan masyarakat Solor,” kata Matias, Anggota DPRD dari Partai Gerindra itu.

Menurut Matias, Pemerintah Flotim harus membangun lobi dan pendekatan yang terus menerus dengan Kementerian Kesehatan RI dan DPR RI yang membidangi Kesehatan. Pemerintah Daerah tidak bisa diam.

“Masyarakat Solor butuh rumah sakit sebagai sarana pendukung pendekatan pelayanan kesehatan.  Solor sebagai wilayah kepulauan Flotim mesti menjadi perhatian pemerintah dalam pelayanan. Kesehatan yang prima. Perintah harus bangun rumah sakit,” katanya.

Kepala Desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur, Andreas Peni Ama Koten kepada Florespos.net, Selasa (12/10/2021) mengatakan dalam mendukung program Pemerintah membangun RS Pratama di Solor, masyarakat pemilik tanah di Lewohedo ikhlas menghibahkan bidang tanah seluas 3 hektare (Ha).

Hibah tanah untuk lokasi pembangunan rumah sakit dilakukan beberapa suku pemilik tanah. Pemilik tanah secara ikhlas tanah demi kepentingan umum pembangunan rumah sakit yang sudah dijanjikan pemerintah.

“Penyerahan tanah seluas 3 Ha secara cuma-cuma. Hibah tanah sebagai bentuk dukungan nyata masyarakat Lewohedo terhadap program Pemerintah membangun rumah sakit untuk misi pendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Kades Andreas.

Penyerahan tanah pembangunan rumah sakit kepada Pemerintah Flotim dikuatkan dengan berita acara penyerahan hak atas tanah. Menyusul penyerahan tanah pada Maret 2019, tim Pemerintah Kabupaten bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Flotim sudah turun ke lokasi melakukan pengukuran dan penanamam pilar batas tanah lokasi RS Pratama.

“Kehadiran rumah sakit di Solor sebagai kebutuhan penting pendekatan pelayanan bagi masyarakat umum. Praktik pelayanan kesehatan di Solor sejak dulu masih bersifat rawat nginap secara sederhana di Puskesmas,” kata Kades Andreas.

Tokoh masyarakat Solor, Matias Hopilewo Kroon kepada media ini mengharapkan, program pemerintah membangun RS Pratama Solor, tidak sekadar janji politik menjelang Pilkada dan Pemilu legislatif.

“Apa yang sudah disampaikan pemerintah dan politikus tentang rencana pembangunan rumah sakit di Solor mesti dibuktikan. Masyarakat Solor tidak mau terlenah janji-janji manis atau propaganda dari politikus yang dilontarkan menjelang pemilu dan pilkada. Masyarakat butuh fakta, bukan janji,” katanya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment