Peduli Pendidikan Daerah Terpencil, Mustika Literasi Bagikan Ratusan Pasang Sepatu di SMPN Turunalu
Penulis: Anton Harus/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 08 Nov 2021, 22:25:03 WIB Pendidikan
Peduli Pendidikan Daerah Terpencil, Mustika Literasi Bagikan Ratusan Pasang Sepatu  di SMPN Turunalu

Rombongan Mustika Literasi disambut tarian adat di halaman SMPN Satap Turunalu, Sabtu (6/11/2021).


Ende, Florespos.net – Mustika Literasi memiliki perhatian dan kepedulian serius  dengan mutu pendidikan  di daerah terpencil. Bentuk perhatian Mustika Literasi dirasakan oleh siswa dan siswi di SMPN Satu  Atap  (Satap) Turunalu, Desa Turunalu, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Mustika Literasi membagikan 124 pasang sepatu bagi siswa SMPN Satap Turunalu, Sabtu (6//112021).

Pada kegiatan ini Ketua Mustika Literasi, Iin Herlina Dewi. mengatakan,  bantuan ini sampaikan ke SMPN Satap Turunalu bekat dukungan dari berbagai pihak.

Untuk mendukugn kegiatan ini, Mustika Leterasi mendapat dukungan dari manajemen JNE Cabang Ende  sebuah perusahan yang bergerak di bdaing jasa pengiriman/pengantaran  barang atau dokumen.

Baca Lainnya :


Johanes Satu.

Khusus untuk kegiatan di SMPN satap Turunalu, Mustika  Literasi juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Ende.

Hadir pada kegiatan dimaskud ketua IDI Cabang Ende, dr.  Bimo Bisara, Sp.M  (specialis mata)  di Kabupaten Ende, serta dokter ahli bedah pada RSUD Ende, dr. Sun Parkuseg Siregar, SPB.

Menurut  Herlina, Mustika Literasi selalu berusaha membangun kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan pendidikan dan pengetahuan warga masyarakat yang ada di daerah terpencil.

Dalam kiprahnya,  kata Herlina, Mustika  Literasi fokus membantu masayarakat di NTT, Flores khususnya yang ada di pelosok-pelosok desa.

"Mustika Literasi  memiliki 3 kegiatan  dalam membantu masyarakat, yaitu, Literasi, Amal, dan sosial keagamaan.  Untuk bisa menjangkau masyarakat, Mustika tidak bekerja sendiri. Selalau berusaha menggandeng pihak-pihak lain yang memiliki kepedulian terhadap sesama. Saat ini untuk membantu distribusi berbagai bantuan, baik buku maupun bantuan lainnya, Mustika Literasi bekerja sama dengan JNE. Khusus untuk kegiatan di SMPN Satap Turunalu, Mustika Literasi juga melibatkan IDI Cabang Ende untuk bisa  berbicara tentang kesehatan kepada siswa SMPN Turunalu. Semua yang terlibat ini masuk sebagai relawan, tanpa biaya," kata Herlina.

Ia menambahkan, untuk kegiatan literasi, Mustika Literasi selalu bersedia kapan saja dihubungi oleh pihak sekolah. Sementara untuk bantuan, sangat tergantung ada atau tidaknya donatur yang bersedia membantu. Tugas Mustika Literasi hanya untuk penyalurannya.

Untuk saat ini, bantuan yang diberikan Mustika Literasi tidak lagi dalam bantuk buku-buku bacaan, tetapi lebih pada, alat tulis, sepatu atau pakaian seragam sekolah. Namun bantuan itu tergantung pada donatur.

Menurutu Herlima, bantuan yang diberikan Mustika Literasi ke berbagai pelosok di NTT sudah sangat banyak. Namun ia tetap berbeda untuk terus berupaya memberikan  dukungan terhadap kemajuan pendidikan di daerah-daerah terpencil di tanah air.

Mantan Kasek SMPN Turunalu, Yakobus Pati yang menjadi inisiator hadirnya bantuan dari Mustika Literasi  menyampaikan  kegembiraannya. Menurut Yakobus Pati, bantuan itu ia peroleh  tanpa melalui birokrasi yang berbelit-belit.


Iin Herlina Dewi.

"Saya ini  (Yakobu Pati) penonton setia acara Kick Andy di Metro TV.  Bulan Agustus  lalu, saya menyaksikan wawancara Andy Noya dengan seorang tokoh yang memliki kepedulian dengan literasi di daerah terpencil dan ibu itu sekarang berada di depan kita (SMPN Satap Turunalu). Ketika itu menonton acara itu,  saya lalu membatin, sepertinya ibu ini saya kenal dan tetangga saya di Kelurahan Mutapaga Ende," kata Yakbus Pati.

Untuk membuktikan  apa yang dilihat di Kick Andy, Yakabus Pati lalu mengunjungi usaha foto copy ibu In di Jalan Gatot Soebroto Ende.      

"Ketika saya masuk ke tempat foro copy itu, ternyata benar, ibu In adalah tokoh yang diwawancara Andy Noya. Saat itu saya menyaksikan ibu In dan timnya sedang mengemas sejumlah barang yang akan diberikan untuk siswa-siswi di Desa Reka. Lalu tanpa malu-malu saya   minta Ibu In untuk bisa membantu anak-anak di Turunalu. Dan ternyata, pemintaan saya ini disambut baik dan bantuannya datang begitu cepat. Ini luar biasa, prosesnya tanpa birokrasi yang panjang. Terima kasih  untuk bantuan dan perhatian dari Mustika Literasi," kata Yakobus Pati.

Sementara Plt. Kepala SMPN Turunalu, Johanes Satu ketika menerima  rombongan  menyampaikan terimakasih atas perhatian dan kepedulian Mustika Literasi.  Menurut Johanes Satu,  yang belum genap sebulan menjadi Plt. di sekolah yang  berada kurang lebih  30 kilo meter arah Timur Kota Ende tersebut bantuan Mustika Literasi sangat membantu siswa yang ada di sekolahnya.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi  anak-anak dan juga seluruh komponen SMPN Satap Turunalu. Dengan bantuan ini tentu akan memberikan manfaat lebih bagi peningkatan semangat  belajar peserta didik dan juga  para guru di SMPN Satap Turunalu," katanya.

Ia menambahkan, SMPN Satap Turunalu didirikan 2014 dan memiliki 4 ruang belajar.  Dari 4 ruangan yang ada 3 dipakai untuk kegiatan KBM siswa kelas 7,8,9 dan satu ruang lagi dipakai untuk ruang guru, kantor kepala sekolah, ruangan tata usaha dan ruangan osis.


Yakabus Pati.

Guru berjumlah 15 orang,  satu orang guru PNS,  3 orang guru P3K, dan 11 orang guru honor komite dengan jumlah siswa sebanyak  46 orang.  Ia berharap ke depan ada perhatian dari pemerintah kabupaten untuk bisa menambah ruang kelas di SMPN Satap Turunalu. Dukungan dan animo masyarakat untuk membantu sekolah ini cukup besar. Meski berada di daerah dengan medan dan topograsi yang sulit, sekolah ini tetap eksis.

Hadir pada acara ini, Kades Turunalu, Marselinus Pati, Kepala SMPN Satap Turunalu, Johanes Satu, Ketua IDI Cabang Ende, dr. Bimo Bisara, SpM. dr. Sun Parkuseg Siregar, SpB,  Ketua Mustika Literasi, perwakilan JNE, para guru, serat siswa -siwi SD dan SMPN Satap Turunalu.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.