Pameran Merdeka Belajar, Ini 9 Buku Hasil Karya SMPK Frater Maumere Selama Masa Pandemi Covid-19
Penulis: Walburgus Abulat/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 24 Nov 2021, 10:21:08 WIB Nusa Bunga
Pameran Merdeka Belajar, Ini 9 Buku Hasil Karya SMPK Frater Maumere Selama Masa Pandemi Covid-19

Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. Herman Yoseph, BHK, S.Pd (berjubah), didampingi Guru Bahasa Indonesia, Adrianus Bareng, S.Pd (tengah) dan Penanggung jawab kegiatan, Polikarpus Pada, S.Pd (kiri) memantau ruangan pameran, Selasa (23/11/2021). Foto: Walburgus Abulat


Maumere, Florespos.net-Tidak hanya aktif mengikuti aneka kegiatan sains di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, internasional dan mengukir prestasi dengan meraih medali dan piagam penghargaan.

Selama masa pandemi Covid-19, SMPK Frater (Spater) Maumere, di Kabupaten Sikka, juga mengukir prestasi lain. Mereka menghasilkan aneka karya sastra baik cerpen, puisi atau pun karya sastra lainnya. Dan karya-karya itu telah diterbitkan dalam bentuk buku oleh percetakan dan penerbitan ternama di Indonesia.

Ada pun 9 buku yang telah diterbitkan lembaga pendidikan asuhan Yayasan Mardi Wiyata, yakni “Indonesiaku”-Antologi Puisi karya Christian P.F.Lilimanak, dkk, “Pena Gading Ajaib”-Kumpulan Cerpen karya Jessica Cheryl Hartono yang disunting oleh Guru Bahasa Indonesia, Adrianus Barang, S.Pd dengan Prolog Robert Fahik.

Baca Lainnya :

Selanjutnya, “Lawan Corona Tanpa Menebar Kepanikan”-Antologi Inspiratif, “Balada Surat Untuk Menteri-Antologi Puisi SMPK Frater Maumere, “Menggendong Sunyi” karya Guru Bahasa Indonesia, Adrianus Bareng, S.Pd, “Surat Untuk Sahabat”-Antologi Puisi karya pelajar SMPK Frater Maumere.


Cover Buku “Gemu Fa Mi Re Tarian Menyatukan Dunia”

“Gemu Fa Mi Re Tarian Menyatukan Dunia”-Antologi Cerpen SMPK Frater, “Kata Mama” karya Jocelyn Brinets Noya, dan “Selimut Sarung Politisi” karya Karolus Dolu Tien Toulwala, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia dan Penggerak Literasi SMPK Frater Maumere, Adrianus Bareng, S.Pd., yang merupakan salah satu penulis buku kepada Florespos.net, di SMPK Frater Maumere, Rabu (24/11/2021) mengatakan, buku-buku tersebut dipajangkan di pameran “Merdeka Belajar Nyalakan Masa Depan Anak Indonesia”, di SMPK Frater Maumere pada Jumat (26/11/2021) hingga Sabtu (27/11/2021).

“Selain memajangkan 250 cerpen karya siswa dalam sebulan terakhir, kami juga dalam pameran Merdeka Belajar Nyalakan Masa Depan Anak Indonesia itu juga akan memajangkan buku-buku karya siswa dan guru,” katanya.

Adrianus Bareng menambahkan, saat ini, ada dua buku karya siswa sedang dalam proses percetakan masing-masing berjudul “Jong Dobo” dan “Kesempatan Kedua”.

Sebelumnya, diberitakan Florespos.net, sedikitnya 250 cerpen karya 74 siswa SMPK Frater Maumere selama periode 25 Oktober hingga 23 November 2021  siap dipajangkan di pameran bertajuk “Merdeka Belajar Nyalakan Masa Depan Anak Indonesia” yang  akan dilangsungkan di SMPK Frater Maumere, pada Jumat (26/11/2021) hingga Sabtu (27/11/2021).

Ratusan cerpen karya para siswa Spater itu ditata di salah satu ruang kelas di bagian Selatan Kampus lembaga pendidikan ini. Tampak Guru Bahasa Indonesia, Adrianus Bareng, S.Pd yang juga pembimbing sibuk menata penempatan cerpen karya-karya siswa di atas meja yang disiapkan secara baik.

Hadir juga di ruang pameran cerpen ini, Kasek Spater Maumere, Fr. Herman Yoseph, dan Penanggung jawab kegiatan Polykarpus Pada, S.Pd. Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia Adrianus Bareng, S.Pd yang juga pembimbing Cerpen kepada media ini menjelaskan bahwa cerpen-cerpen yang dipajangkan ini merupakan karya siswa dalam sebulan terakhir.

“Selama sebulan ini, siswa telah menghasilkan 250 cerpen. Cerpen karya siswa ini akan kami pajangkan di acara puncak pameran yang akan digelar pada Jumat dan Sabtu pekan ini,” kata Adrianus.

Adrianus Bareng mengatakan, selain cerpen, dalam pameran itu nanti juga akan dipajangkan beberapa buku karya siswa SMPK Frater Maumere.

“Para siswa Spater telah menghasilkan 5 buah buku. Dua dari lima buku karya siswa ini akan kami pajangkan dalam pameran itu nanti,” katanya.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.