Pakar IPB Gelar Kuliah Umum di STIPER-FB
Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 05 Nov 2021, 22:20:26 WIB Pendidikan
Pakar  IPB Gelar Kuliah Umum di STIPER-FB

Sekretaris STIPER-FB RD Paul Azi saat menerima tim Pakar IPB di Kampus STIPER-FB,J umat (5/11/2021). (paul azi)


Bajawa, Florespos.net – Tim pakar IPB University di antaranya Wakil Kepala Tani Center IPB  Ir. Fredian Tonny Nasdian,  Kepala klinik Kesehatan Hewan IPB, Dr. R. Harry Soehartono, MAppSc.PhD, Kepala program sekolah peternakan rakyat IPB Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSC, Agr. AIFH dan Ketua Pembina Yayasan Permadani Flores Niko Salo, S.Fil.,M. Ed melakukan kegiatan kuliah umum di kampus Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER-FB).

Kuliah umum dengan tema Pengembangan Perekonomian Daerah Berbasis Peternakan Kuda dan Babi, berlangsung Jumat (5/11/2021) di aula Yasukda Ngada.

Ketua Stiper Flores Bajawa Dr. Niko Noywuli menyampaikan apresiasi kepada IPB Bogor yang telah mendukung lembga STIPER-FB hingga saat ini. 

Baca Lainnya :

"Apresiasi yang tinggi untuk komitment mengembangkan yang baru dan memajukan yang  belum maju baik potensi, maupun lembaga pendidikan pertanian Indonesia".

Bahwa STIPER FB merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi yang baru dibangun atas kolaborasi antar Pemerintah Kabupaten Ngada dan Gereja Keuskupan Agung Ende dalam hal ini pihak YASUKDA.

Saat ini STIPER hadir dengan 2 program studi (agroteknologi dan peternakan), memasuki tahun kedua dengan jumlah mahasiswa 227 orang.

SHadir dengan visi: Menjadi Institut Pertanian unggul, entrepreneurship dan berdaya saing di bidang komoditi lokal unggulan tahun 2025. Keluarannya adalah STIPER FB PASATI, pasti lulus tepat waktu, bekerja, berakhak dan mandiri. 

Dikatakannya untuk mencapai Visinya dan sesuai dengan tuntutan MBKM, salah satu misi adalah  menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai PT dalam maupun luar negri, pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industry serta pemangku kepentingan lainya yang berdaya saing internasional. 

"Kamipun berani meluncurkan mata kuliah penciri bersama Pemda Ngada yakni KBKB (Kopi Bambu, Kuda Babi). Mata kuliah ini mulai dilakasanakan pada semester tiga," kata Niko.

Upaya pencapaian tujuan Matakuliah penciri dan program unggulan daerah tante nela paris yang menjadi brand pembangunan daerah inilah yang mempertemukan kita semua pada kesempatan ini.

Saat ini Stiper FB  tengah berkolaborasi dengan Astra international-YDBA, PERTOKIMIA, IPB, UMJ, UNJ, Australia Volunter Program, Seamo Biotrap, dan Perpusnas.

Tentang Kuda dan Babi mau dijadikan salah satu basis perekonomian daerah Ngada dilatar belakangi oleh potensi dan budaya orang Ngada yang menjadikan kuda dan babi bagian dari kehidupannya dan menjadi ternak unggulan. Populasi kuda Ngada nomor 5 di provinsi NTT setelah 4 Kabupaten di Pulau Sumba. Demikian halnya juga dengan populasi ternak babi terbesar setelah Kabupaten Kupang dan TTS. 

Juga dengan jenis ternak lain seperti sapi dan unggas, juga komoditi pertanian. Jika sebelumnya kita banyak bersama tani center IPB bicara pertanian, maka sekarang bersama IPB membangun peternakan. Bahwa masalahnya terletak pada produktivitas rendah dan miskinnya peternak kita. Ini yang kita minta bantu jawab bersama dalam prorgram Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dipimpin oleh IPB. 

Para tim pakar IPB Bogor menyampaikan  tentang peran perguruan tinggi dalam bidang peternakan rakyat. Tujuan Sekolah peternakan Rakyat  yakni merubah mental peternak. 

Proses mengkonsolidasikan peternak dan managemen kesehatan hewan juga kerja sama pendidik dalam hal ini dosen dan mahasiswa,  pemerintah daerah yakni dinas kesehatan dan peternak. 

Untuk Sekolah peternakan Rakyat Kuda dan Babi di Stiper FB menjadi yang pertama di indonesia.

Sementara itu ketua pembina Yayasan Permadani Flores Niko Salo menyampaikan materi tentang penerapan manajemen pengetahuan di Stiper FB, peluang dan kompetitif. 

Turut hadir dalam kegiatan kuliah umum ini, Ketua Yasukda RD. Silverius Betu, S.Fil., M.Han dan pengurus,  pimpinan perangkat daerah Kabupaten Ngada,  Para dosen dan pegawai dan seluruh mahasiswa Stiper Flores Bajawa. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.