Kodim Flotim Penghijauan Bantaran Sungai Eks Bencana Banjir di Waiwerang
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 04 Des 2021, 13:41:39 WIB Nusa Bunga
Kodim Flotim Penghijauan Bantaran Sungai Eks Bencana Banjir di Waiwerang

Dandim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan (jongkok), menanam dan menyirami anakan mangga yang ditanamnya dalam kegiatan penghijauan dan penanaman pohon serentak, di daerah bantaran sungai eks lokasi hantaman banjir bandang awal April 2021. Foto: Dok Seksi Intelijen Kodim 1624/Flotim


Adonara, Florespos.net-Komando Distrik Militer (Kodim) 1624/Flotim, Jumat (3/12/2021) melakukan kegiatan penghijauan secara serentak dengan menanam 300 anakan tanaman sengon, mangga, avokat, dan flamboyan.

Kegiatan berlangsung di daerah bantaran sungai eks “jalur merah” terjangan bencana banjir bandang pada awal April 2021 tepatnya di lingkungan Kelurahan Waiwerang Kota, Kecamatan Adonara Timur, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Kegiatan ini dipimpin langsung Komandan Kodim 1624/Flotim, Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T, M.IP.

Baca Lainnya :

Informasi ini diterima Florespos.net dari Seksi Intelijen Kodim 1624/Flotim, Sabtu (4/12/2021).

Dandim Imanda dalam apel pembukaan kegiatan menyampaikan, kegiatan penanaman pohon serentak dan kegiatan penghijauan di wilayah Kodim Flotim ditetapkan di lokasi yang sangat bersejarah dimana pernah terjadi badai Seroja yang berdampak banjir bandang.

Lokasi ini sudah dikonservasi dan dinormalisasi sungainya sehingga perlu dikuatkan dengan tanaman-tanaman keras. Kerena itu, tempat ini ditetapkan sebagai sasaran kegiatan penanaman tanaman dan penghijauan yang dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana Bali, NTB, dan NTT.

“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan semuanya, adik-adik, dan masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini tidak serta merta hanya sekedar menanam. Lahan-lahan atau titik konservasi di kanan kiri sungai yang sudah dinormalisas, tetapi lebih daripada itu menjaga lingkungan kita, menguatkan bantaran sungai yang sudah dinormalisasi,” pesan Dandim Imanda.

Dandim Imanda berpesan agar anakan tanaman yang sudah ditanam dirawat supaya bertumbuh sampai menjadi pohon barulah kelihatan hasil dan manfaatnya.

“Setelah penanaman anakan pohon, nanti selanjutnya Bapak Danramil membagi sektor dan dibagi tugas masing-masing untuk merawat sampai tumbuh menjadi besar dan kuat. Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi atas partisipasi kita semua dalam kegiatan penghijauan hari ini,” pungkasnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Flotim, Antonius Wukak Sogen mewakili Bupati Flotim, dalam sambutannya mengatakan, gerakan penghijauan dan penanaman pohon ini dalam nuansa konvergensi dengan melibatkan berbagai unsur dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Flotim, lembaga pendidikan dan masyarakat.

Kegiatan penghijauan ini, kata Anton Sogen merupakan upaya terencana untuk tujuan mengembalikan kondisi lingkungan yang diterjang banjir bandang pada peristiwa awal April 2021.

“Menjadi istimewa dalam penanaman anak pohon kali ini adalah niatan untuk merawat lingkungan kita,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten Administrasi Umum Setda Flotim, Ir. Antonius Wukak Sogen mewakili Bupati Flotim, Kasi Intel Kejari Flotim, Kepala BRI Cabang Larantuka, Marko Arif Pramudita, Persit KCK Cabang XXII Kodim 1624/Flotim Ranting 3 Koramil 1624-02/Adonara.

Pasi Ter Kodim 1624/Flotim, Kapten Inf Yakobus Milan Tukan, Camat Adonara Timur, Damianus Lamawuran, S.H, Danramil 1624-02/Adonara, Kapten Inf Ahmad Setiadi Jatmiko, Kapolsek Adonara Timur, Ipda Agus Heriawan, Lurah Waiwerang Kota, Egedius Laga Laot, S.Pt, M.Pt, dan para pelajar SMA Negeri 1 Adonara Timur.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment