Keuskupan Ruteng Bangun Kerja Sama dengan Pemerintah untuk Vaksinasi Umat
Penulis: Christo Lawudin/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 25 Nov 2021, 14:42:34 WIB Nusa Bunga
Keuskupan Ruteng Bangun Kerja Sama dengan Pemerintah untuk Vaksinasi Umat

Romo Alfons Segar


Ruteng, Florespos.net - Sekarang ini pemerintah sedang gencar melakukan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Mempercepat capaian vaksinasi, Keuskupan Ruteng meminta para pastor paroki membangun kerja sama dengan pemerintah untuk memberi vaksin umatnya.

Dalam instruksi pembatasan pelayanan pastoral Adven dan Natal terbaru Keuskupan Ruteng, Vikjen Rm. Alfons Segar Pr, menegaskan, petugas gugus Covid-19 paroki wajib mencegah kerumunan sebelum dan sesudah misa.Umat tetap diimbau untuk disiplin mempraktikkan 5 M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobiltas dan interaksi.

"Saat ini tahapan vaksinasi sedang berjalan. Maka tidak salah, kalau paroki perlu  bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan vaksinasi bagi umat sebagai hak dan kewajiban untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama," katanya.

Baca Lainnya :

Dikatakan, hal praktis lain yang wajib diperhatikan, yakni pengadaan kandang Natal dan lampu Natal di jalan-jalan yang mengundang kerumunan massa tidak diizinkan; umat tetap diminta untuk meniadakan acara-acara adat dan pesta-pesta lainnya yang menimbulkan kerumunan besar dan belum mendapat izin dari Gugus Tugas Covid Daerah setempat.

Lalu, pawai Natal dan Tahun Baru serta menyalakan petasan dan kembang api dilarang; umat diminta untuk merayakan syukuran Natal dan Tahun Baru dalam keluarga masing-masing dan menghindari melakukan perjalanan yang tidak perlu.

Sebelumnya Rm. Erik Ratu Pr dari Komsos mengatakan, dalam instruksi ini, umat juga  diminta untuk mendukung setiap langkah Gugus Tugas Covid daerah masing-masing dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 gelombang-3.

"Umat pun perlu meningkatkan kontrol sosial dengan terlibat aktif dalam mencegah kerumunan di tempat-tempat umum  dan juga di rumah-rumah warga. Instruksi terbaru telah diberikan ke mana-mana di Keuskupan ini agar diketahui dan ditaati," katanya. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.