Kementerian PUPR Serah Terima 195 Unit Rusun Korban Banjir Adonara
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 03 Agu 2022, 12:12:31 WIB Nusantara
Kementerian PUPR Serah Terima 195 Unit Rusun Korban Banjir Adonara

Penjabat Bupati Flotim, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si (tengah) didampingi Kepala Satgas Bencana NTB dan NTT, Widiarto (ketiga kanan depan) dan Kepala Balai P2P Nusa Tenggara II, Yublina D. Bunga (kedua kiri depan) sedang menggunting pita simbol dimulai seremoni serah terima 195 unit rusun di permukiman baru Desa Saosina, Kecamatan Adonara Timur, Flotim, Selasa (2/8/2022) pagi. Foto: Istimewa


Larantuka, Florespos.net-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (2/8/2022) secara resmi melakukan serah terima 195 unit rumah susun (Rusun) sebagai hunian tetap (Huntap) bagi keluarga korban bencana Seroja banjir bandang di 3 desa Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur (Flotim), NTT.

Konfirmasi yang diterima Florespos.net dari Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Kabupaten Flotim, Eduardus J. Fernandez, S.Sos, M.Si, Rabu (3/8/2022) siang menyebutkan acara serah terima rusun dilakukan Kepala Satgas Bencana Alam NTB dan NTT, Widiarto.

Widiarto didampingi rombongan Kementerian PUPR RI dan Kepala Balai P2P Nusa Tenggara II, Yublina D. Bunga, ST, MT. Serah terima berlangsung di Relokasi Permukiman Baru Desa Saosina, Kecamatan Adonara Timur, Pulau Adonara, Selasa (2/8/2022) pukul 08.30 Wita.

Baca Lainnya :

Hadir saat itu, Penjabat Bupati Flotim, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Flotim.

“Serah terima dari Pempus cq Kementerian PUPR kepada Pemkab Flotim. Momen itu juga perumahan langsung diserahkan kepada masing-masing perwakilan keluarga korban bencana dari 3 desa, yaitu Waiburak, Saosina, dan Kelurahan Waiwerang, Kecamatan Adonara Timur,” kata Eduardus.

Kepala Satgas Bencana Alam NTB dan NTT, Widiarto mewakili Pempus cq Kementerian PUPR RI dalam sambutan mengatakan, Pempus membangun rumah susun bertujuan membantu masyarakat korban bencana banjir.

Kepada para keluarga penerima bantuan perumahan ini diharapkan merawat dan memelihara secara baik untuk masa depan generasi penerus.

“Perumahan ini menjadi hunian tetap sehingga diharapkan kepada keluarga sasaran bantuan dapat merawat dengan baik untuk generasi ke depan,” pesan Widiarto.

Penjabat Bupati Flotim, Doris Rihi dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Pempus melalui Kementerian PUPR telah membangun perumahan untuk dihuni masyarakat korban bencana banjir di Adonara.

“Masyarakat korban bencana banjir terbantu dengan kehadiran rumah susun ini. Masyarakat lebih meningkatkan kehidupannya, selain itu dapat menjaga rumah ini dengan baik, serta hidup bersama untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Flotim,” pesan Doris.

Kadis Eduardus menambahkan, sebelum acara serah terima secara hirarki antar Pempus dengan Pemkab Flotim, proses dan fasilitasi pengundian untuk mendapatkan perumahan susun sebagai hunian tetap di permukiman baru Saosina tersebut oleh keluarga korban banjir di Desa Waiburak dan Kelurahan Waiwerang, sudah dilakukan lebih awal pada 24 Mei 2022.

Sedangkan undian bagi keluarga korban banjir dari Desa Saosina ditunda waktu itu ke tanggal 29 Juni 2022 karena saat itu ada halangan di Desa Saosina. Selanjutnya serah terima dari Balai P2P Nusa Tenggara II yang mewakili Pempus kepada Pemkab Flotim dilakukan Selasa (2/8/2022).

“Pada momen acara yang sama perumahan susun langsung diserahkan Pemkab Flotim kepada keluarga penerima bantuan yang diwakili utusan masing-masing dari Desa Waiburak, Desa Saosina, dan Kelurahan Waiwerang,” pungkas Eduardus.

Dilansir media ini akhir Juni 2022, dari penjelasan, Kadis Eduardus menyatakan manajemen PT. Adhi  Karya selaku kontraktor dalam target, pada Juli 2022 segera  menyelesaikan proyek pembangunan 195 unit rumah susun (Rusun) di lokasi permukiman baru Desa Saosina, Kecamatan Adonara Timur.

Perumahan rusun sebanyak itu setelah finishing dibangun dihibahkan Pemerintah Pusat cq Kementerian PUPR kepada 195 keluarga  korban di Kelurahan Waiwerang, Desa Waiburak, dan Desa Saosina, Kecamatan Adonara Timur yang terdampak kehilangan rumah saat bencana Seroja tropis banjir bandang dalam peristiwa Minggu (4/4/2021) dini hari.

Diketahui Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian PUPR RI pasca peristiwa bencana banjir bandang, Minggu 4 April 2021 berdasarkan Keputusan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengalokasikan dana yang bersumber APBN Tahun 2021 membiayai rekonstruksi 300 unit rumah susun bagi para korban banjir bandang di Nusa Tadon (Pulau Adonara).*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment