Kembangkan Literasi Ekologi, ACIL Ende Dapat Apresiasi dari Dr. Untung
Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 19 Okt 2021, 21:04:54 WIB Nusa Bunga
Kembangkan Literasi Ekologi, ACIL Ende Dapat Apresiasi dari Dr. Untung

Dr. Untung dari Kementerian Pendidikan mengunjungi work shop sampah TBM ACIL Ende.


Ende, Florespos.net - Taman Bacaan Masyarakat ( TBM) Anak Cinta Lingkungan ( ACIL) Ende yang didirikan oleh seorang pegiat sampah di Ende, Umar Hamdan konsisten mengembangkan dan menghidupi Literasi Ekologi. Sejak tahun 2012 lalu ACIL hadir sebagai salah satu organisasi yang menghimpun anak - anak di Ende dengan program bank pohon dan bank sampah. 

Melalui program bank pohon, ACIL menyiapkan sejuta anakan pohon yang selalu dimanfaatkan dalam kegiatan penghijauan. Sedangkan di program bank sampah,  ACIL menyiapkan tempat work shop untuk memilah sampah dan menjadikan sampah memiliki nilai ekonomis.

Program yang dijalankan oleh TBM ACIL Ende ini mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. ACIL mendapatkan apresiasi karena konsisten menjalankan literasi ekologi dan finansial. 

Baca Lainnya :

Dr. Untung, selaku widya prada ahli muda yang mewakili  Direktur Pendidikan  Masyrakat dan Pendidikan  Khusus, Ditjen PAUD, DIKDAS, Dikmen Kementerian Pendidikan  saat pencanangan GIM di Endè, Sabtu (16/10/2021) lalu mengapresiasi  program literasi  ekologi TBM ACIL Ende. 

Kata Dr. Untung bahwa  program  yang dijalankan  ACIL  Ende itu  adalah  program  unik  yang menggugah masyarakat  untuk  menjaga  lingkungan  dan  kebersihan. Program  ini melibatkan masyarakat  umum  dan mesti  dipertahankan untuk menjaga  lingkungan.

"Program  yang mereka kembangkan  itu program unik. Mereka kembangkan keterampilan  literasi  ekologi dan  finansial karena  sampah itu bisa  jadi uang. Program  ini libatkan masyarakat  dan sangat bermanfaat  karena menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Dr. Untung yang  berasal dari  Provinsi  Sulawesi Selatan  mengatakan akan mengajak Umar  Hamdan untuk berbagi pengalaman  di daerahnya.

"Saya akan ajak untuk berkolaborasi dan saat kita ada kegiatan  maka kita undang  untuk berbagi di sana," katanya.

Pendiri  TBM ACIL Ende dan  juga ketua  FTBM  Ende, Umar  Hamdan mengatakan bahwa  TBM  ini didirikannya untuk menggerakan anak- anak agar peduli lingkungan sejak dini.

Dalam kiprahnya, ACIL  telah menggagas  dan terlibat dalam berbagai kegiatan penghijauan  dan kebersihan  lingkungan. Saat ini ACIL  Ende telah memiliki tempat work shop sampah untuk mengolah  dan memilah sampah menjadi nilai ekonomis.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment