Kedai Keuskupan Maumere Suguhkan Kopi Cita Rasa Lokal, Nasional, dan Internasional
Penulis: Wall Abulat/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 25 Nov 2021, 14:32:09 WIB Nusa Bunga
Kedai Keuskupan Maumere Suguhkan Kopi Cita Rasa  Lokal, Nasional, dan Internasional

Pelayan Mai Sai Kedai Pangan Lokal dan Ole-Ola Maumere, Juan (kiri) sedang melayani seorang pengunjung di Kedai yang terletak di Jalan Mgr. Sugiyopranoto Maumere, Rabu (24/11/2021). (foto: walburgus abulat)


Maumere, Florespos.net - Mai  Sai Kedai Pangan Lokal dan Ole-Ole Maumere milik PT Langit Laut Biru (LLB)   Keuskupan Maumere yang terletak di Jalan Mgr. Sugiyopranoto Maumere selalu memanjakan konsumen/tamu  dengan menyiapkan minuman kopi dengan cita rasa lokal, nasional dan internasional. Selain kopi, kedai ini menyiapkan aneka olahan pangan lokal Sikka dan aneka ole-ole khas Sikka seperti tas tangan dan HP yang terbuat dari tenunan adat Sikka dan ole-ole hasil tenunan lainnya.

Keragaman cita rasa kopi dan ole-ole khas Sikka yang ada di kedai ini menjadi salah satu daya tarik yang memotivasi konsumen untuk selalu datang ke lokasi yang letaknya sekitar 50 meter di sebelah barat Gereja Katedral Santo Yoseph Maumere.

Pantauan media ini, Rabu (24/11/2021), ada puluhan pengunjung, termasuk 36 difabel peserta pelatihan softskill Kemensos RI  dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang sangat ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menikmati beberapa olahan pangan lokal dan suguhan kopi racikan pelayan kedai bernama Juan.

Baca Lainnya :

Pelayan Kedai Juan dengan lihai dan profesional menyiapkan minuman kopi  bagi konsumen sesuai selera. Ada konsumen yang memesan kopi arabika Loke/Sikka dan Manggarai. Ada pula yang memesan kopi Robusta asal Hokeng,  Wolofeo, Gera, Mandailing, Yellow caturra Manggarai, dan beberapa jenis kopi lainnya dari mancanegara.“Kami siap melayani pesanan kopi sesau selesai pengunjung/konsumen dengan harga Rp7.000/gelas,” kata Juan.

Juan mengaku cita rasa kopi yang ada di Mai Sai Kedai  semakin memanjakan  konsumen tergantung cara pengolahannya apakah dengan cara/kopi tumbuk, Americano, Expreso, cafelate, kopi Aceh, tepung kopi hasil olahan luar negeri lainnya.”Cita rasa kopi semakin nikmat tergantung cara pengolahannya. Kami siap melayani konsumen/pengunjung dan siap memberikan yang terbaik,” kata Juan.

Beberapa pengunjung di antaranya  dua calon misionaris Kongregasi SVD yang akan bertugas/bermisi di benua  Afrika RP Yos Meda, SVD dan RP. Yanto Ria, SVD didampingi  Direktur Keuangan PT LLB, RD  Edwaldus Dionisius Goa tampak menikmati  suguhan minuman kopi racikan pengelola kedai itu di salah  di halaman bagian timur kedai ini, Rabu (24/11/2021) siang.

RP. Yos Meda, SVD dan RP Yanto Ria, SVD mengaku sangat menikmati cita rasa kopi yang disiapkan pengelola Mai Sai Kedai Maumere.

“Cita rasa kopi yang disiapkan di Kedai ini sangat luar biasa,” kata RP Yos Meda yang diamini RP Yanto Ria.

Pengakuan serupa disampaikan salah seorang pengunjung lain bernama Ayu.

“Saya sangat senang menenggak kopi di Mai Sai Kedai ini. Cita rasanya sangat enak,” kata Ayu bangga.

Salah seorang pelayan Mai Sai Kedai bernama  Juan mengakui pihak pengelola menyiapkan belasan jenis kopi dengan cita rasa yang memiliki kekhasan tersendiri. “Kami siap melayani  konsumen yang datang di Kedai ini dengan ikhlas,” kata Juan.

Juan mengakui bahwa Mai Sai Kedai menyiapkan aneka jenis kopi di antaranya kopi arabika  Loke/Sikka,  dan Manggarai.  “Ada juga jenis kopi Robusta asal Hokeng,  Wolofeo, Gera, Mandailing, Yellow caturra Manggarai, dan beberapa jenis kopi lainnya dari mancanegara.Dari aneka jenis kopi di atas yang paling banyak diminati konsumen adalah kopi Yellow Caturra Manggarai, kopi loke, dan kopi lokal Flores lainnya,” kata Juan.

Menurut Juan, cita rasa kopi ini semakin memanjakan lidah konsumen tergantung cara pengolahannya apakah kopi tumbuk, Americano, Expreso, cafelate, kopi Aceh, tepung kopi hasil olahan luar negeri lainnya.

“Setiap jenis kopi memiliki cita rasa sendiri tergantung cara pengolahannya,” katanya.

Florespos.net mencatat, pengunjung yang mendatangi kedai ini tak hanya dimanjakan dengan suguhan kopi beraneka cita rasa, tapi juga mereka semakin  “terhinoptis” dengan beberapa hasil olahan pangan lokal yang disiapkan di Kedai ini di antaranya nastar sorgum, selai nanas, puding kelor, madu asli, dan olahan pangan lainnya.

Sementara untuk ole-ole bagi para tamu-wisatawan yang hendak pulang ke daerah masing-masing, pihak pengelola Mai Sai Kedai menyiapkan aneka hasil kerajinan dari tangan/jahit yang terbuat dari tenunan Sikka seperti  tas jinjing,  tas HP, dan aneka produksi olahan tenunan Sikka lainnya.

“Mari datang ke Mai Sai Kedai Pangan Lokal dan Ole-Ole Maumere. Nikmatilah racikan minuman kopi dengan aneka cita rasa yang memuaskan pengunjung/konsumen. Nikmatilah aneka olahan pangan lokal dan milikilah ole-ole khas Maumere yang kami siapkan. Kami siap melayani pengunjung yang datang,” kata  Direktur Operasional PT LLB, Ibu A. Dian Setiati. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.