LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar), NTT, melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (TKTK-UKM) tahun 2024 gencar mendata pelaku UMKM di daerah itu.

Fransiskus Salesius Timur, Kepala Bidang Koperasi dan UKM pada Dinas TKTK-UKM Mabar, ungkapkan, pendataan dimaksud adalah program atau kegiatan baru di 2024, karena TKTK-UMKM merupakan dinas baru, dibentuk sekitar 3 tahun yang lalu.

Kepada media ini di Labuan Bajo belum lama ini, Tamur mengatakan pendataan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2024 untuk mensinkronkan data bawaan 2023 dan tahun-tahun sebelumnya, agar data pelaku UMKM di Mabar benar-benar riil, terkonfirmasi, by name, by address, lengkap dengan NIK  dan foto lokasi.

Tamur yang mendapat suplai data dari Restituta K. Wela selaku pejabat fungsional di Bidang Koperasi dan UKM setempat melanjutkan, dalam melaksanakan pendataan, Dinas TKTK-UKM dibantu oleh petugas pencacah lapangan atau enumerator.

Dari target data Tahun 2024 sebanyak 4000 UMKM, hasil sementara yang sudah terverifikasi final ada 1.800-an UMKM. Dan pendataan oleh petugas masih terus dilakukan di lapangan di seluruh Mabar.

Sedangkan berdasarkan data bawaan 2023 dan tahun-tahun sebelumnya, di Mabar terdapat 9.165 UMKM. Dan angka 9000 lebih UMKM tersebut dominan bergerak di sektor pertanian dan peternakan.

“Kedua sektor tersebut antara lain semacam peternakan babi, peternakan sapi, peternakan kambing, dan usaha-usaha pertanian,” ujar Tamur. *

Penulis: Andre Durung I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *