ENDE, FLORESPOS.net-Laboratorium Lingkungan milik Pemkab Ende yang berada dibawah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat ini tidak berfungsi karena rusak parah.

Laboratorium yang berlokasi di Kelurahan Rewarangga Selatan, Kecamatan Ende Timur itu kini tidak difungsikan lagi karena bangunan dan beberapa peralatan laboratorium sudah rusak parah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ende, Kanis Se saat rapat dengan komisi III DPRD Ende di ruangan gabungan komisi kantor DPRD Ende, Senin (8/7/2024) siang.

Kadis DLH Ende mengatakan Laboratorium Lingkungan adalah salah satu UPT yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Ende. Saat ini kondisinya rusak parah. Secara fisik sebagian bangunan fisik seperti plafon atap dan instalasi listrik sudah rusak parah.

“Dampak dari kerusakan itu staf yang bekerja di sana tidak bisa melaksanakan pekerjaan dan saat ini mereka melaksanakan tugasnya di kantor DLH Ende,” kata Kanis Se.

Dampak lainnya DLH Ende tidak melakukan pengujian sesuai dengan permintaan konsumen. Saat ini yang bisa dilakukan oleh UPT Lab Lingkungan yaitu pengujian lapangan seperti pengujian kebisingan dan debuh di lapangan.

Sedangkan pengujian seperti Ipal, AMP, hotmiks, perusahan peternakan dan sumber mata air tidak bisa dilakukan.

Kanis Se juga mengatakan bahwa Laboratorium Lingkungan DLH Ende sebelumnya melayani permintaan konsumen semua Kabupaten di Flores, Lembata dan Alor.

Dari pelayanan ini DLH Ende melalui UPT Laboratorium Lingkungan bisa memperoleh pendapatan atau menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah diatas ratusan juta.

“Sebelumnya saat masih beroperasi Laboratorium Lingkungan DLH bisa mendapatkan ratusan juta dari pengujian lingkungan. Saat ini tidak berfungsi dan target pendapatan itu tidak terpenuhi,” katanya.

Kadis DLH Ende juga mengatakan pada tahun ini bidang Laboratorium Lingkungan ditargetkan mendapatkan PAD sebesar Rp 75 juta tetapi kondisi Laboratorium Lingkungan yang rusak maka baru mencapai Rp 2 juta lebih.

Sekretaris Komisi III DPRD Ende, Yani Kota mengatakan DPRD Ende menyayangkan kondisi Laboratorium Lingkungan yang ada di DLH Ende.

Yani meminta Kadis DLH dan staf melakukan terobosan agar bisa mengoptimalkan potensi yang ada di DLH Ende.

Terkait dengan dengan Laboratorium Lingkungan yang tidak berfungsi, kata Yani, komisi III DPRD Ende akan memberikan suport anggaran agar diperbaiki dan difungsikan lagi. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *