BAJAWA, FLORESPOS.net- Tim Redaksi Senja SMPN 2 Bajawa menjuarai Lomba Reportase Situs Budaya Ngada tahun 2024 dengan judul karya Watunggo.

Lomba ini diadakan dalam rangka memeriahkan Festival Budaya Ngada Tahun 2024. Panitia dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngada menyelenggarakan Lomba Video Reportase Situs Budaya Ngada.

Demikian Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngada, Asri Moi kepada Florespos.net, Rabu (3/6/2024).

Asri Moi mengatakan, kegiatan lomba telah dimulai dengan beberapa tahapan kegiatan lomba yaitu Produksi video dimulai dari tanggal 23 Mei 15 Juni 2024, Pengumpulan video lomba mulai 16 18 Juni 2024, Penjurian video dimulai dari 19 26 Juni 2024 dan Pengumuman pemenang 27 30 Juni 2024.

Pihaknya berterima kasih kepada peserta yang telah berpartisipasi dalam Lomba Video Reportase Situs Budaya Ngada 2024. Dinas sangat menghargai peran serta antusiasme para peserta yang telah menunjukan usaha yang begitu keras untuk menghasilkan karya terbaik.

Beragam cerita, kekayaan Budaya serta penguasaan teknik telah diangkat dengan pendekatan yang berbeda-beda. Seluruh karya yang ditayangkan diharapkan mampu memberikan pesan kepada masyarakat bahwa generasi muda Ngada sangat peduli pada upaya pelestarian budaya.

Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan oleh dewan juri, maka diputuskan pemenang Lomba Reportase Situs Budaya Ngada, jura 1 diraih Tim Redaksi Senja SMPN 2 Bajawa dengan judul Watunggo.

Juara 2 ,Tim SMAN 2 Bajawa dengan tema Gereja Tua Riung, Juara 3 Tim Spensare Aimere dengan Judul Meko serta Juara 4, Tim.SMAK Recis 2 tentang Kampung Adat Tenu dan Juara 5 dari Tim Girls Aquinas Smathom Mataloko dengan mengambil tema One Sa’o Kampung Tradisional Wogo.

Sedangkan untuk kategori juara Favorit 1 SMPN 4 Bajawa (Situs watu Meze dan Watu Ata) dan Favorit  2 SMAK St. Agustinus Langa (Situs Sala Doko).

Menurut Asri Moi, semua peserta lomba mendapatkan Piagam Penghargaan dan bagi Pemenang Lomba mendapat Piagam Penghargaan dan Hadiah apresiasi dari Dinas yaitu: Juara 1 mendapat Piagam dan hadiah apresiasi sebesar Rp 3.000.000, Juara 2 mendapat Piagam dan hadiah apresiasi sebesar Rp 2.500.000,Juara 3 mendapat Piagam dan hadiah apresiasi sebesar Rp 2.000.000.

Juara 4 akan mendapat Piagam dan hadiah apresiasi sebesar Rp.1.500.000,-
Juara 5 akan mendapatkan Piagam dan hadiah apresiasi Rp.1.000.000, Juara Favorit 1 dan 2 mendapatkan Piagam dan hadiah apresiasi Rp. 500.000.

Pembagian hadiah akan dilaksanakan pada Festival Budaya Ngada di Lengkosambi Utara.

Festival Budaya Kabupaten Ngada tahun 2024 di Kecamatan Riung Bertema Jaga Bumi Jaga Tradisi Ruma Cao Sapo Likang serta meningkatkan kesadaran dan apresiasi siswa SMA/SMK juga SMP terhadap keberagaman budaya Kabupaten Ngada.

Juri pada kegiatan tersebut adalah Maria Andjelin Idju Lalu dan Andreas Corsini Ruba.

Juri lomba, Merlyn Idju Lalu  mengatakan, 21 tim dari berbagai sekolah di Ngada seperti dari Kecamatan Riung,Aimere,Golewa dan Bajawa mengikuti lomba tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kerja jurnalistik dari para peserta lomba yang notabene berusia remaja. Meski tergolong masih awam, namun mereka mampu berperan sebagai Reporter, Kameramen dan jurnalis sungguhan,” ungkap Jurnalis RSPD Ngada ini.

Runutan peristiwa dan cerita Budaya Ngada dirangkai secara terstruktur, mudah dicerna dan sangat informatif.
Masyarakat Ngada perlu bersyukur karena melalui lomba ini akhirnya kita punya 18 dokumen digital berbentuk video liputan situs budaya Ngada yang beberapa diantaranya bahkan belum diketahui publik Ngada.

“Dari kegiatan lomba ini dan melihat karya anak Ngada saya sangat meyakini, ke depannya Ngada akan memiliki jurnalis potensial khususnya jurnalis perempuan,” tutupnya.*

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *