ENDE, FLORESPOS.net-Sebanyak 392 atlet Pencak Silat dari Kabupaten Alor, Lembata dan daratan Flores mengikuti sirkuit pencak silat zona 1 NTT di Kabupaten Ende.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 29 Juni dan berakhir pada 2 Juli 2024.

Sekretaris umum Ikatan Pencak Silat (IPSI) Provinsi NTT, Ferdi Amatae saat ditemui Florespos.net, di aula SMKN 2 Ende, Selasa (2/6/2024) mengatakan kegiatan ini adalah program kerja IPSI NTT melalui program Rakerda beberapa waktu lalu.

Dikatakannya bahwa IPSI NTT membagi sirkut dalam tiga zona yaitu zona 1 meliputi Kabupaten Alor, Lembata dan semua Kabupaten di daratan Flores.

Zona 2 meliputi Kabupaten Saburaijua dan semua Kabupaten di Pulau Sumba. Sedangkan zona tiga di Kabupaten Rote Ndao dan semua Kabupaten di daratan Pulau Timor.

Terkait dengan zona 1 yang dilaksanakan di Ende, kata Ferdi, jumlah atlet yang mengikuti kegiatan ini melebihi kuota sehingga memecahkan rekor kejuaraan yang digelar oleh IPSI NTT.

“Ende luar biasa dan pecahkan rekor atlet terbanyak. IPSI NTT menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dan perguruan pencak silat  yang telah mengirimkan atletnya,” kata Ferdi.

Ketua panitia penyelenggara zona 1, Eman Taji mengatakan jumlah atlet yang mengikuti kejuaraan ini melebihi kuota yang ditetapkan panitia.

“Antusias dari atlet dan teman- teman pelatih dari setiap perguruan sangat luar biasa. Itu dilihat dari jumlah atlet yang ikut dan melebihi kuota,” katanya.

Sekretaris Panitia Sirkut Zona 1, Yovan Pasa mengatakan sirkut zona 1 diikuti oleh 392 atlet dari empat kategori. Empat kategori itu antara lain kategori usia dini, pra remaja, remaja dan dewasa.

Juara dari setiap kategori di sirkuit zona 1 Flores, Lembata dan Alor akan dikirim mengikuti kejuaraan atau sirkuit di tingkat provinsi.

Selain itu kegiatan ini juga  bertujuan untuk menyiapkan atlet cabang olahraga pencak silat untuk mengikuti PON 2028 di NTT. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *