BAJAWA, FLORESPOS.net-Menyambut Idul Adha 1445 H, umat muslim di Desa Wate, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada mendapat seekor hewan kurban berupa sapi dari Bupati Ngada, Andreas Paru.

Sapi Kurban Bupati Andreas diserahkan pada Minggu (16/6/2024), di Masjid Baitaul Aqsa Wate.

Penyerahan hewan kurban dilakukan Bupati Andreas Paru didampingi anggota DPRD Kabupaten Ngada, Moses Jala Watu dan diterima oleh Imam Masjid Baitaul Aqsa Arsad Sabang.

Mochdar Ungga, Ketua PHBI Riung Barat mengatakan, pada tahun 2018 sebelum menjadi Bupati Ngada, Andreas Paru pernah mendatangi Masjid Baitaul Aqsa.

Kehadirannya kembali di Masjid Wate membuktikan bahwa dirinya tidak lupakan sebuah masjid kecil yang ada di Kabupaten Ngada yakni Riung Barat dan secara khusus di Wate.

Disampaikannya, jumlah keluarga yang berada di masjid Baitaul Aqsa Wate sebanyak 33 kepala keluarga.

Digambarkannya tentang persoalan yang dihadapi umat Masjid Baitaul Aqsa Wate yakni bangunan yang tua sehingga membutuhkan sentuhan pemerintah untuk dapat membantu umat termasuk pagar di lingkungan masjid.

Bupati Ngada Andreas Paru mengatakan pada tahun 2018 dirinya hadir di masjid Baitaul Aqsa Wate dengan membantu sebuah Genzet.

Kehadirannya sebagai Bupati Ngada guna menyerahkan hewan kurban di Masjid Baitaul Aqsa Wate. Penyerahan hewan kurban merupakan bagian dari pengabdian dan pengorbanan.

Idhul Qurban atau juga yang sering disebut Idul Adha sebagai bentuk keyakinan untuk berkurban untuk Tuhan dan sesama.

Seperti apa yang tertulis dalam kitab Suci Nabi Ibrahim mengorbankan anaknya mengikuti perintah Allah dan kondisi saat ini juga diwujudkan dengan memperingati hari raya Idhul Adha.

Pengorbanan untuk sesama dan juga kaum keluarga yang mungkin mengalami kesulitan hidup yang sering disebut kaum dhuafa harus sungguh dilakukan bagi mereka.

“Makna dari hari raya idul qurban yakni melihat sesama yang membutuhkan,” katanya.

Pengorbanan tidak hanya sekadar makan dan minum, namun dalam kegiatan sosial lainnya menjadi bagian dan makna dari Idul Qurban.

Kemampuan pemerintah sungguh terbatas, maka setiap tahun untuk hari raya Idhul Adha pemerintah secara bergiliran menyerahkan hewan kurban dari Masjid ke Masjid lainnya di Kabupaten Ngada.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekcam Riung Barat, Pejabat Kepala Desa Wate, Flafianus Jemu, Kepala Bagian Kesra juga Plt.Kabag Prokopim Setda Ngada, Yani Djawa serta umat muslim di Desa Wate.*

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *