ENDE, FLORESPOS.net-Nasabah Asuransi Bumiputera 1912 Cabang Ende kini boleh bernapas lega. Bumiputera mulai membayarkan klaim tertunda nasabahnya dengan nilai Rp6 juta hingga Rp10 juta.

Pembayaran klaim dengan nilai antara 6 hingga 10 juta rupiah akan dilakukan dua tahap. Sementara nasabah yang nilai klaimnya dibawah Rp5 juta telah dibayarkan sejak tahun 2023 silam.

Saat ini, nasabah dengan klaim Rp 10 juta menerima untuk tahap pertama. Tahap kedua akan dilakukan di kemudian hari setelah pembayaran tahap I tuntas.

“Kami (Bumiputera-Red) sudah mulai bayar klaim nasabah yang tertunda sejak tahun 2023 silam. Pembayaran dilakukan oleh perusahaan langsung ke rekening nasabah. Di tahun 2023, Bumiputera mulai membayar klaim nasabah yang nilainya di bawah Rp5 juta. Dan di tahun 2024 sudah mulai membayar tahap pertama bagi nasabah dengan klaim  di atas Rp5 juta hingga Rp10 juta. Bumiputera tetap bertanggungjawab atas uang nasabah, namun pembayarannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan dana di Bumiputera pusat,” kata kepala Kantor Cabang Bumi Putera 1912 Cabang Ende, Nikson Baitanu, S.Sos, Kamis (13/6/2023).

Nikson Baitanu mengatakan, nasabah dengan nilai klaim di bawah Rp5 juta dilakukan satu kali pembayaran. Perusahaan telah bayarkan kepada 155 pemegang polis Asuransi Bumiputera.

Adapun nilai klaim yang telah dibayarkan sebesar  Rp551.125.588,00. Setelah pembayaran untuk nasabah dengan klaim Rp5 juta selesai, Bumiputera kini mulai bayarkan klaim dengan nilai dibawah Rp10 juta.

Untuk para nasabah dengan nilai klaim antara Rp6 juta hingga Rp10 juta jumlah yang telah terbayarkan  sebanyak 286 polis atau peserta. Total dana atau klaim keuangan untuk 286 polis dimaksud mencapai Rp837.669.543,00.

“Proses pembayaran akan terus berlangsung hingga semua klaim polis nasabah tuntas. Untuk nasabah dengan klaim di atas Rp10 juta pembayarannya menyusul. Semua skema pembayaran ini telah disepakati bersama dengan nasabah dan juga atas saran dari otoritas jasa keuangan (OJK) RI. Kami dari Bumiputera akan terus berupaya agar seluruh klaim milik nasabah yang tertunda ini terbayarkan sampai tuntas. Pencairan klaim nasabah akan dilakukan setiap minggu,” kata Nikson.

Mohon Maaf dan Bersabar

Lebih lanjut Nikson Baitanu menyampaikan permohonan maaf kepada nasabah yang masih antre untuk mendapatkan pembayaran.

Sampai saat ini seluruh manajemen Bumiputera terus berupaya melalui penjualan aset untuk membayar klaim nasabah.

“Pembayaran ini akan dilakukan secara bertahap kepada semua nasabah. Pembayaran diakukan setiap minggu. Kami tidak bisa memastikan nasabaha siapa yang akan terima lebih dahulu, semua diatur oleh Bumiputera kantor pusat. Kami hanya berupaya sebaik mungkin memroses seluruh berkas  nasabah ke kantor pusat. Untuk itu kami atas nama manajemen memohon nasabaha untuk bersabar. Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam proses ini sedikit agak terlambat. Tetapi perusahaan telah berkomitmen untuk mengembalikan dana nasabah sesuai dengan persyaratan yang kita telah sepakati bersama,” kata Nikson Baitanu.

John, nasabah Bumiputera yang telah menerima pembayaran tahap pertama mengaku sedikit lega karena sudah ada kepastian.

Dengan masuknya dana tahap pertama dari dana Rp9 juta lebih yang harus diterimanya, John kini memiliki harapan dan mengembalikan kepercayaannya terhadap manajemen Bumiputera akan menepati janjinya.

“Sejak April 2023 sudah tandatangani sejumlah kesepakatan dengan Bumiputera untuk pembayaran klaim yang telah jatuh tempo. Namun hingga akhir tahun 2023 belum juga dibayarkan. Terus terang, saya sempat cemas antara percaya dan tidak. Namun begitu uang masuk di rekening saya pada 10 Juni 2024 kepercayaan terhadap Bumiputera sebagai salah satu Asuransi yang cukup tua di Indonesia muncul kembali. Tentu kami berharap, pencairan tahap kedua dan nasabah lain yang memiliki klaim lebih besar segera dibayarkan dalam waktu dekat,” kata John, Kamis (13/6/2024) di Ende. *

Penulis: Anton Harus I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *