ENDE, FLORESPOS.net – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis potensi hujan lebat dan angin kencang pada Sabtu (8/6/2024) hingga Minggu (9/6/2024) di sejumlah wilayah.

Dikutip dari Kompas.com Sabtu (7/6/2024) BMKG menyebutkan, kondisi tersebut dipicu oleh sirkulasi siklonik yang terdeteksi di Pesisir Barat Sumatera Barat, Pesisir Utara Papua Barat Daya, dan Samudra Pasifik di Utara Papua.

Sirkulasi siklonik tersebut kemudian membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Perairan Barat Bengkulu, di Teluk Cendrawasih, dan di Samudra Pasifik Utara Papua.

“Sirkulasi tersebut juga membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Pesisir Utara Papua, dan di Samudra Pasifik Timur Laut Papua,” tulis BMKG.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau memanjang dari Perairan barat Bengkulu hingga Samudra Hindia barat Sumatera Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara.

Daerah konvergensi juga terpantau berada di Pesisir Selatan Jawa Timur hingga Laut Jawa Utara Jawa Tengah, dari Pesisir Utara Pulau Alor hingga Pulau Lombok, dari Sulawesi Tenggara hingga hingga Selat Makassar, dari Laut Seram hingga Pulau Halmahera, dari Papua Pegunungan hingga Pesisir Utara Papua.

Kondisi Cuaca Kota Ende, Sabtu (8/6/2024) pagi mendung berawan disertai hujan ringan.

Daerah konfluensi lainnya juga terpantau di Laut Banda, Laut Flores, Laut Jawa, Laut Natuna, Laut China Selatan, Samudra Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Bengkulu, dan Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut. Lantas, mana saja wilayah yang berpotensi alami hujan lebat dan angin kencang pada 8-9 Juni 2024?

Berikut sejumlah wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat dan angin kencang pada 8-9 Juni 2024:

Sabtu, 8 Juni 2024:

  1. Wilayah yang berpotensi alami hujan lebat, kilat, petir, dan angin kencang: Aceh Sumatera Utara Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Jawa Timur Bali Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Tenggara Maluku Utara Maluku Papua Barat Papua 2. Wilayah yang berpotensi alami hujan, kilat, petir, dan angin kencang: Sumatera Barat Kepulauan Bangka Belitung Nusa Tenggara Barat Kalimantan Barat Kalimantan Tengah 3. Wilayah yang berpotensi alami angin kencang: Nusa Tenggara Timur

Minggu, 9 Juni 2024:

  1. Wilayah yang berpotensi alami hujan lebat, kilat, petir, dan angin kencang: Sumatera Utara Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Maluku Utara Maluku Papua 2. Wilayah yang berpotensi alami hujan, kilat, petir, dan angin kencang: Sumatera Barat Jawa Barat Jawa Timur Nusa Tenggara Barat Kalimantan Barat Kalimantan Tengah 3. Wilayah yang berpotensi alami angin kencang: Nusa Tenggara Timur.*

Oleh: Redaksi

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *