MAUMERE, FLORESPOS.net-Penjabat Bupati Sikka Adrianus F. Parera, S.E, M.Si menyampaikan apresiasi kepada Kopdit Obor Mas yang turut berkontribusi dalam peningkatan Produk Domesik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sikka di mana pada tahun 2023 sebesar Rp 6.194.670.000.000 di mana jasa keuangan berkontribusi sebesar Rp 135.480.000.000, dan secara khusus Kopdit Obor Mas berkontribusi sekitar Rp 6,2 M.

Perihal kontribusi Kopdit Obor Mas ini disampaikan Penjabat Bupati Sikka Adrianus F. Parera dalam sambutannya saat membuka RAT ke-40 Kopdit Obor Mas di Aula Heinrich Puskopdit Swadaya Utama Maumere Jumat (31/5/2024).

RAT mengusung tema “Meningkatkan Partisipasi Anggota Melalui Pendidikan serta  memberdayakan kelompok Sahabat Obor Mas untuk mewujudkan KSP Kopdit Obor Mas yang Sehat, Aman, Unggul  dan Berdaya Saing Tinggi”.

RAT ini dihadiri utusan anggota dari 32 cabang dan kantor cabang pembantu KSP Kopdit Obor Mas dari seluruh NTT, para pengurus, pengawas, para manajer cabang, dan sejumlah pejabat.

Hadir dalam RAT ini di antaranya Pejabat yang mewakili Kadis Koperasi & UKM Provinsi NTT, tokoh penggerak koperasi nasional Romanus Woga; para kepala dinas koperasi Kabupaten Sikka, Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Ngada; Ketua dan anggota Pengurus KSP Kopdit Obor Mas; para pengawas kopdit Obor Mas, General Manager KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering.

Penjabat Bupati pada kesempatan ini menggarisbawahi kontribusi pada skala ekonomi Sikka di mana Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sikka tahun 2022 sebesar Rp 5.702.890.000.000 meningkat menjadi Rp 6.194,670.000.000 pada tahun 2023.

Ia mengakui bahwa ada 17 sektor  PDRB di mana salah satunya adalah  jasa keuangan yang mempunya kontribusi sebesar Rp 135.480.000.000. “Tentu ini juga merupakan kontribusi dari KSP Kopdit Obor Mas , kurang lebih Rp6,2 M,” kata Penjabat Bupati.

10 Elemen Kunci Sukses CU

Sementara tokoh penggerak Koperasi Nasional, Romanus Woga dalam sambutan antara lain menggarisbawahi pentingnya partisipasi semua elemen koperasi dalam memajukan koperasi.

Ia menyebut ada tiga elemen tata kelola koperasi yang baik yakni representasi, keterampilan/profesional dan pelayanan.

Wakil Bupati Sikka Periode 2018-2023 ini juga menyebut ada 10 faktor kunci sukses dalam Credit Union (CU) Asia untuk bisa diterapkan di CU mana pun, termasuk Kopidt Obor Mas yang meliputi SDM yang berkualitas, pelayanan yang berkualitas, kepercayaan anggota tinggi, jaringan memadai, menjadi batu penjuru, kepemimpinan yang kuat, produk yang bermanfaat dan dibutuhkan anggota; kemudahan persyaratan pinjaman, kantor yang letaknya strategis, pentingnya media informasi dan komunikasi.

Perkembangan Kopdit Obor Mas

Sementara Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando dalam laporannya antara lain membeberkan perkembangan Kopdit Obor Mas selama tahun buku 2023 di mana jumlah anggota mencapai 150.545 orang atau pertumbuhan 10,1%, total aset kekayaan Rp 1.329.550.139.545. total simpanan saham dan non saham Rp 946,4 M lebi, volume pinjaman Rp 548,3 M; dan saldo pinjaman anggota beredar mencapai Rp 1,167 triliun lebih.

Markus Menando juga menggarisbawahi adanya kepercayaan dari pemerintah terhadap KSP Kopdit Obor Mas yang ditandai dengan dipercayanya Obor Mas sebagai Koperasi penyalur KUR dengan memperoleh plafon setiap tahun Rp 200 M untuK tiga jenis KUR yakni KUR super mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil.

Sementara Pejabat yang mewakili Kadis Koperasi & UKM Provinsi NTT dalam sambutan antara lain menyampaikan apresiasi kepada KSP Kopdit Obor Mas yang berkontribusi memajukan ekonomi anggota, khususnya, dan masyarakat NTT umumnya.

Apresiasi yang sama disampaikan Ketua Puskopdit Swadaya Utama Aleksius Bertolomeus.

The Best Obor Mas Awards

Pada momen RAT ke-40 ini, KSP Kopdit Obor Mas memberikan penghargaan “The Best Obor Mas Awards Tahun Buku 2023” dengan kategori Kantor Cabang berprestasi, anggota berprestasi, pengelola berprestasi dan anggota perdana yang masih hidup. Penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan yang jumlahnya bervariasi dari Rp 1 juta hingga Rp 7,5 juta.

Ada pun kategori penghargaan dan para pemenang yang diberikan yakni.

Pertama Kantor Cabang dengan pertumbuhan Anggota Tertinggi diraih Kantor Cabang Utama Manggarai Barat. Kategori Kantor Cabang dengan pertumbuhan simpanan tertinggi diraih Cabang Utama Manggarai Barat.

Kategori Kantor cabang dengan pertumbuhan Saldo pinjaman tertinggi diraih Kantor Cabang Utama Kota Kupang, kategori Kantor cabang dengan Volume Pinjaman tertinggi diraih Kantor Cabang Utama Kota Kupang.

Kategori Kantor cabang dengan pertumbuhan aset terbesar diraih Kantor Cabang Utama Kota Kupang, dan kategori Cabang dengan persentasi kehadiran RAT Mini terbanyak diraih Kantor Cabang Utama Flotim.

Kedua, kategori Penabung simpanan saham terbesar diraih Johanes Enjang V. Wonasoba dari Kantor Cabang Agrobisnis; kategori Penabung simpanan Khusus terbesar diraih Mansyur Umar Kantor Cabang Utama Ende.

Lalu, kategori Penabung Sibuhar terbesar diraih Bapak Sabinus Nabu dari Kantor Cabang Utama Sikka; Kategori Penabung Simanis terbesar diraih Lois DjongaTari dari Kantor Cabang Pasar Tingkat; kategori Penabung Sisuka terbesar diraih Maria Amabilis Mayangsari Bogar dari Kantor Cabang Utama Sikka.

Kategori Penabung Sidandik terbesar atas nama Ermelinda Seri Ngampu dari Kantor Cabang Utama Flotim’ Penabung Sikasi terbesar diraih Sr. Maria Tantiana Erti, SSpS dari Kantor Cabang Pasar Alok.

Penabung Simapan terbesar diraih  Ibu Erminolda dari Kantor Cabang Utama Sikka; penabung Siharta Anggota Plus Terbesar diraih Yohanis Dawi Hani dari Kantor Cabang  PasarAlok; Penabung sidandik pelajar terbesar Diraih Yohana Erlytha Eutrophia dari Kantor CabangUtama Sikka.

Ketiga, Kategori Pengelola Kelompok Sahabat Obor Mas yang berhasil memotivasi kehadiran anggota mengikuti RAT Mini terbanyak diraih Denci Fergina Sanam dari Kelompok RAT Mini Takari II dengan Persentasi kehadiran100% dari Kantor Cabang Utama Kota Kupang yang dibina oleh LO Vincentius R. T. Geli.

Keempat, Obor Mas juga memberikan penghargaan kepada belasan anggota perdana yang masih hidup yakni Fidelis Vin Coro, Longginus Abong,Rosalia Sapil; Yohanes Nurak; Muhamad Mukaso; Dominikus Lejo; Theofilus Leo; Ambrosius Reku; G. Dengu Doja;   Karolina Nurak, dan Maria Maria Alfia.

Penghargaan diserahkan oleh Penjabat Bupati Sikka Adrianus F. Parera dan Pejabat yang mewakili Kadis Koperasi & UKM Provinsi NTT didampingi Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas Markus Menando dan GM KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering kepada para pemenang atau melalui Manajer setiap cabang utama peraih penghargaan dimaksud. *

Penulis: Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *