ENDE, FLORESPOS.net-Ketua KPU Kabupaten Ende, Provinsi NTT, Wilhelmus Hermanto Lose saat melantik 834 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Auditorium H. Gadi Djou, Minggu (26/5/2024) sore menekan dua hal kepada para penyelenggara tingkat desa dan kelurahan yang baru dilantik.

Hermanto mengatakan sebagai penyelenggara baik dari tingkat atas hingga tingkat terbawah ada dua hal mutlak yang wajib disukseskan pada saat pemilu. Dua hal tersebut yaitu sukseskan seluruh tahapan penyelenggaraan dan administrasi.

Untuk itu, Ketua KPU Ende mengimbau kepada seluruh PPS agar berkolaborasi dan membangun sinergisitas dengan semua pihak termasuk Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

“Dua hal mutlak yang wajib kita sukseskan yaitu tahapan penyelenggaraan yang sukses dan adminitrasi yang tuntas,” katanya.

Dikatakannya PPS adalah bagian dari KPU yang terlembaga secara vertikal dari pusat hingga desa maka harus bekerja berdasarkan perintah Undang-Undang, Peraturan KPU, Keputusan KPU dan arahan demi suksesnya pesta demokrasi.

Hermanto menambahkan menjadi anggota PPS memiliki tantangan tersendiri karena jadi garda terdepan penyelenggara yang langsung berhadapan dan berada di tengah masyarakat.

“Kita harus menjamin setiap hak peserta dan pemilih sekalipun dalam dinamika dan relasi sosial kehidupan,” katanya.

“Sebagai penyelenggara, integritas adalah harga mati , bekerja profesional adalah kewajiban serta loyalitas adalah hal mutlak. Tidak boleh ada gerakan tambahan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya di media ini, pasca pemilu legislatif dan Pilpres 2024 lalu beberapa PPS di Ende belum memasukan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) terkait keuangan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Pihak sekretariat KPU Ende harus mengeluarkan surat mengingatkan dan meminta PPS memasukkan laporan penggunaan keuangan.

Anggaran sebesar Rp 348.000.000 belum dipertanggungjawabkan oleh PPS.

Sekretaris KPU Ende, Mey Tanty Viliawaty Tunggal de Santo yang dikonfirmasi florespos.net baru- baru ini mengatakan pasca dikeluarkan surat peringatan itu beberapa PPS mulai melaporkan penggunaan keuangan. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *