RUTENG, FLORESPOS.net – Dalam memeriahkan Dies Natalis Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng yang ke – 65 tahun, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Litera Sastra ingin memberikan  aroma berbeda dalam ekspo Dies Natalis kali ini.

Bentuknya turut mengambil bagian dalam menampilkan kreativitas mahasiswa pada di lapangan Missio Unika St. Paulus Ruteng.

Dies Natalis, momen spesial bagi kampus Unika St. Paulus Ruteng tak hanya diwarnai dengan seremonial dan perayaan, tetapi juga menjadi ajang bagi UKM Litera untuk menunjukkan eksistensi dan kreativitas mereka.

Salah satu bidang yang selalu menarik perhatian UKM Litera adalah Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Pada Dies Natalis Unika St. Paulus Ruteng yang ke-65 tahun, sesuai dengan data dan informasi diterima wartawan, Sabtu (18/5/2024) sore, UKM Litera unjuk gigi dengan menampilkan produk dan karya kreatif mereka di bidang kuliner yang dipamerkan dengan penuh semangat dan antusiasme.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk-produk kreatif UKM Litera kepada civitas akademika dan masyarakat luas, serta untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang Ekraf.

Kegiatan Unika Expo yang berlangsung di Lapangan Missio Unika Santu Paulus Ruteng ini tak hanya semarak dan meriah, tetapi juga membawa dampak positif bagi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia terutama Manggarai.

Sebabnya  Panitia Penyelenggara juga menghadirkan berbagai acara seperti Pasar Murah, Kuliner, Pameran, Tarian, Musik dan Band, serta Pembacaan Kejuaraan.

Kegiatan ini menjadi wadah bagi UKM Litera untuk menunjukkan kemampuan dan potensi mereka, sekaligus membuka peluang bagi mereka untuk memasarkan produk-produk mereka kepada khalayak yang lebih luas.

Ketua UKM Litera Unika St. Paulus Ruteng, Fransiskus Dogo  menjelaskan sikap antusias dari semua mahasiswa, khususnya anggota UKM Litera dalam menyambut Dies Natalis Unika St. Paulus Ruteng yang ke – 65 tahun terutama dalam bidang ekonomi kreatif.

“Antusiasme mahasiswa anggota UKM Litera dalam mengikuti kegiatan ekonomi kreatif ini sangatlah tinggi. Hal ini menunjukkan besarnya potensi mereka menjadi motor penggerak ekonomi kreatif di Manggarai,” ungkap mahasiswa PBSI 2022A itu.

“Berbekal pengetahuan dan keterampilan yang kami peroleh di bangku perkuliahan, serta didukung  dengan kegiatan intra maupun ekstrakurikuler, kami terus menumbuhkan kreativitas dan semangat wirausaha. Kami berusaha mampu menghasilkan produk-produk berkualitas dan bernilai ekonomi,” beber Koko, sapaan Ketua UKM itu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja UKM Litera yang didukung dengan sikap loyalitas dari setiap pengurus dan anggota UKM Litera.

“Salah satu program yang dirancang pengurus UKM Litera adalah Kegiatan Ekraf,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha pada diri anggota.

Hal yang paling berkesan dari kegiatan ini adalah bahwa kekompakan dan loyalitas semakin hebat dan mengalir lancar dalam rumah keluarga Litera.

UKM Litera sebagai satu rumah, menaungi insan-insan yang penuh dengan keharmonisan.

Sementara Koordinator UKM Litera, Bernardus Tube Beding, M.Pd saat ditemui secara terpisah mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada pengurus dan anggota UKM Litera.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi sungguh kepada pengurus dan anggota UKM Litera yang selalu menangkap momen untuk membangun motivasi, kreativitas, dan inovasi diri,” katanya.

Kegiatan Unika Ekspo ini merupakan salah satu momen baik dan dimanfaatkan sungguh oleh UKM Litera  dalam pengembangan semangat ekonomi kreatif.

Dosen Prodi PBSI itu juga mengungkapkan, UKM Litera merupakan rumah belajar, ekspresi, dan kreasi multidisipliner.

“UKM Litera bukan sekadar unit, tetapi sudah menjadi rumah. Ekosistem di UKM Litera dimaknai sebagai satu rasa, satu pikir, sejuta saudara dalam kehidupan positif hingga membiarkan orang bercerita,” ujar dosen asal Lamalera itu.

Untuk diketahui, UKM Litera merupakan salah satu organisasi intra kampus yang berdiri sejak 8 September 2018.

Kurang lebih enam tahun ini UKM Litera telah berproses dalam pengembangan diri anggota, baik dalam bidang penalaran, kerohanian, dan pengabdian masyarakat.

“Kami sangat berharap anggota membangun loyalitas  diri dengan satu niat belajar besama,” ungkap Ama Berno, sapaan akrab Koordinator UKM Litera. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *