LARANTUKA, FLORESPOS.net-Ketua DPD PAN Flores Timur, Rofinus Baga Kabelen mengajak seluruh elemen warga menjaga budaya Lamaholot yang kental dengan persaudaraan dan keluarga selama pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

“Etika dan tradisi ke-lamaholotan harus kita junjung tinggi dan jaga dalam seluruh tahapan pesta demokrasi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur kali ini. Saya ajak kita elemen warga berpolitik secara santun dan elok,” kata Rofinus Baga Kabelen usai mendaftar bakal calon Wakil Bupati Flores Timur di DPD Partai Perindo, Rabu (8/5/2024).

Ketua DPD PAN Flores Timur Rofinus Baga Kabelen resmi mendaftar bakal calon Wakil Bupati Flores Timur di DPD Partai Perindo, Rabu (8/5/2024). Rofin Kabelen mendaftar di DPD Partai Perindo di antara kekuatan penuh pengurus DPD PAN Flores Timur.

Rofin Kabelen yang juga Anggota DPRD Flores Timur ini mengatakan, budaya dan tradisi Lamaholot mengajarkan dan mengedepankan rasa persaudaraan, kekeluargaan dan persatuan sebagai kakak-adik satu saudara.

“Budaya dan tradisi Lamaholot harus dan menjadi landasan pijak kita semua dalam berproses membangun daerah ini. Mari kita sama-sama menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai Lamaholot Flores Timur,” kata Rofin Kabelen.

Menurutnya, budaya dan tradisi Lamaholot ini mesti dijaga dan dijunjung tinggi semua elemen warga agar bisa menemukan pemimpin yang benar-benar layak, pantas dan paham betul situasi dan kondisi Flores Timur saat ini dan ke depan.

“Ini pesta demokrasi kita, maka selaku Ketua DPD PAN Flores Timur dan juga merupakan salah satu bakal calon berharap semua elemen masyarakat, partai politik dan stakeholder menjalani proses demokrasi ini secara sehat,” kata Rofin Kabelen.

“Pesta demokrasi Pilkada ini harus dijalani dengan riang gembira. Jauhkan cara-cara berpolitik yang jauh dari karakter, nilai-nilai, etika dan tradisi kita sebagai orang Lamaholot,” tambah Rofin Kabelen.

Dalam kaitan mendaftar di partai politik, lanjut bakal calon Bupati yang dijagokan PAN Flores Timur ini, pada pesta demokrasi Pilkada, dia memang memutuskan ikut kontentasi Pilkada baik Bupati maupun Wakil Bupati Flores Timur.

Rofin Kabelen menyadari betul kondisi riil saat ini, PAN Kabupaten Flores Timur hanya mempunyai 5 kursi di DPRD Flores Timur hasil Pileg 14 Februari 2024 lalu. Secara regulasi yang disyaratkan, PAN belum bisa mengusung paket sendiri untuk mengikuti Pilkada Flores Timur.

“PAN Flores Timur punya lima kursi. Kita harus rasional. Kita tidak bisa sendiri. Kita kerjasama dan mengajak semua elemen termasuk partai politik berkolaborasi satu pikiran membangun Lewotana Flores Timur,” kata Rofin Kabelen.

Rofin Kabelen mengatakan, dengan kondisi perolehan kursi tersebut, PAN Flores Timur dinamis membuka ruang pendaftaran bakal calon dan mengambil bagian mendaftar ke partai politik lain baik sebagai calon bupati maupun wakil bupati.

Ketua Komisi B DPRD Flores Timur ini mengaku, selain Partai Perindo, sudah mendaftarkan di PKB dan melakukan komunikasi politik dengan PDIP dan Partai Gelora untuk ikut bersama-sama berkolaborasi dan menyamakan kepentingan.

“Kita kolaborasikan dan lihat berdasarkan pemetaan, potensi mana yang terbaik itu yang diputuskan. Kita masih dinamis. PAN akan putuskan bisa sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati. Kita lihat nanti. Harapan kita bisa temukan pikiran untuk sama-sama ambil bagian dalam perhelatan Pilkada Flotim,” tutup Rofin Kabelen. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Wall Abulat

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *