BAJAWA, FLORESPOS.net-Sejumlah Pengurus PKB Kabupaten Ngada menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Ngada periode 2024-2029 yang juga adalah Ketua DPC PKB Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu ke Partai NasDem Kabupaten Ngada, Senin (6/5/2024).

Pengurus PKB Kabupaten Ngada yang dikoordinir Sekretaris Jois Djawa, Ketua Desk Pilkada PKB Kabupaten Ngada Dominikus Beghu serta Dewan Syuro dan Tahfidz lainnya, Yohanes Nau, Fitalis Fole, Elen Watu serta Maximus Neto menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Ngada kepada Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Ngada, Moses Jala Watu.

Sekretaris PKB Ngada Jois Djawa mengatakan pihaknya dimandatkan oleh Ketua DPC PKB Ngada yang juga adalah bakal calon Bupati Ngada Bernadinus Dhey Ngebu yang sedang melaksanakan tugas ke luar daerah untuk menyerahkan berkas pendaftaran kepada NasDem Ngada.

Dikatakannya, PKB Kabupaten Ngada patut bersyukur karena Partai NasDem membuka ruang politik sehingga memungkinkan kader PKB Ngada bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati.

Lanjutnya, PKB menyadari Partai NasDem dengan semangat restorasi yang diusung untuk menuju cita-cita restorasi atau perubahan yang lebih baik tentunya tidak bisa dikerjakan sendiri.

Dengan spirit dan semangat yang sama dengan PKB sesuai dengan peluang yang diberikan juga mengikuti amanat konstitusi menuju Pilkada nanti Partai Nasdem tentunya membutuhkan kolaborasi dengan partai lain untuk bisa mengusung bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati.

Berkas pencalonan yang diajukan oleh PKB kepada Partai NasDem tentunya menjadi kewenangan NasDem menentukan sesuai mekanisme internal partai.

“Kami siap menerima apapun hasilnya,” kata Jois Djawa.

Jois Djawa menambahkan, semua partai tentu ada proses kaderisasi berjenjang. Dan PKB Ngada, menurutnya memang memiliki kader yang telah disiapkan untuk mengikuti Pilkada Ngada, yakni Ketua DPC PKB Ngada Bernadinus Dhey Ngebu.

Bagi PKB untuk menjadi calon Bupati maupun Wakil Bupati yang paling penting adalah niat atau motivasi membuat Ngada terus bergerak ke arah yang lebih baik.

Jois Djawa mengatakan, menjadi Bupati maupun Wakil Bupati merupakan bagian dari dinamika. Karena PKB menyadari perolehan 3 kursi pada Pemilu 14 Februari, sehingga belum mencukupi syarat mengusung bakal calon sendiri.

Guna memenuhi syarat undang-undang pencalonan maka harus berkolaborasi dengan partai lain, sehingga bakal calon dari PKB mendaftar di partai lain seperti PAN, PDIP, Demokrat, Gerindra dan Nasdem.

“Di internal PKB Kabupaten Ngada sendiri telah dibuka pendaftaran sejak tanggal 1 Mei hingga 15 Mei 2024,” katanya.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Ngada Moses Jala Watu pada kesempatan itu, mengatakan pihaknya patut memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus PKB Ngada yang turut mengambil bagian dalam proses pendaftaran bakal calon Bupati dan Wabup Ngada di Partai NasDem. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *