RUTENG, FLORESPOS.net-Pasangan bakal calon bupati/wakil jalur independen bisa maju dalam Pilkada Kabupaten Manggarai, NTT, tahun ini jika mengantongi dukungan secara sah, 24.209 KTP.

Ditemui wartawan di Ruteng, Senin (6/5/2024), Ketua KPU Manggarai, Rikard Pentor yang didampingi anggota Hery Harun dan Ryan Kondo mengatakan, KPU Manggarai sekarang ini sedang menyiapkan segala sesuatu  untuk proses pencalonan bakal calon yang masuk lewat jalur independen.

“Prosesnya sudah jalan selama ini. Salah satu di antaranya publik telah diberitahu soal syarat dukungan dan syarat persebaran dukungan dalam bentuk KTP,” katanya.

Syarat dukungan yang harus di penuhi agar bisa lolos adalah sejumlah 24.029 KTP elektronik. Jumlah itu dihitung berdasarkan ketentuan aturan 10 persen dari total DPT Pemilu terakhir.

Selain itu, persyaratan persebaran dukungan itu harus mencapai 50 persen lebih dari jumlah DPT pada kecamatan yang ada atau minimal dari 7 dari 12 kecamatan di Manggarai.

Dalam hari-hari ini, persiapan-persiapan KPU Manggarai adalah momen  penerimaan berkas dukungan dari bakal calon per seorangan itu. Jadwal resmi penyerahan berkas dukungan, yakni 8-12 Mei ini.

Untuk proses itu, demikian Rikard, para bakal calon itu diharapkan datang lebih awal ke KPU Manggarai agar bisa langsung dicermati/dicek detail data dukungannya.

Dengan itu, kalau ada yang kurang, bisa langsung diperbaiki sehingga ketika berkas diserahkan sudah memenuhi syarat dari aspek jumlah dukungan yang sesuai dengan ketentuan.

Dikatakan, jika dari sisi jumlah tidak memenuhi syarat, maka ada dampaknya berikutnya untuk berkas pasangan jalur independen itu,  tidak bisa diverifikasi administrasi untuk tahapan berikutnya.

Para bakal calon lewat jalur independen itu,  telah diberitahu jauh-jauh hari tentang hal itu agar semua bisa menyiapkannya secara baik semua berkas dan persyaratan yang ditentukan.

Sedangkan anggotanya Hery Harun mengatakan, untuk Pilkada Manggarai kali ini, semua proses, tahapan, dan berkas berbasis aplikasi, yakni aplikasi Silon. Data-data harus masuk ke sana.

“Karena berbasis aplikasi, maka beberapa waktu lalu, KPU Manggarai melatih para operator setiap pasangan calon agar bisa  mengoperasikan aplikasi resmi KPU itu,” katanya.

Ditanya apakah sudah ada signal pasangan bakal calon yang mau maju lewat jalur independen, Hery Harun menjelaskan, yang diketahui dari media itu ada dua pasangan bakal calon.

Dan, komunikasi-komunikasi dengan KPU Manggarai sudah ada dengan tim dari dua pasangan bakal calon itu. Tetapi, semuanya baru bisa diketahui ketika berkasnya diserahkan ke KPU Manggarai nantinya.

Untuk pasangan bakal calon jalur independen sesuai dengan data yang dihimpun wartawan selama ini, yakni pasangan Kornelis Dola-Aloysius Hama dan Pasangan Viktor Slamet-Fransiskus Ramli.

Untuk pasangan Viktor Slamet-Fransiskus Ramli, juga mendaftar ke parpol yang ada di Manggarai, beberapa waktu belakangan ini. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *