ENDE, FLORESPOS.net-Pemerintah, tokoh agama, tokoh adat (mosalaki) dan pengurus KSP Kopdit Obor Mas melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru kantor Kopdit Obor Mas Cabang Utama (KCU) Ende di Jalan El Tari, Kota Ende, Kabupaten Ende, Sabtu (4/5/2024) siang.

Acara peletakan batu pertama kantor baru diawali dengan upacara adat (neka tanah) oleh empat mosalaki dari wilayah persekutuan adat Onekore, Ende.

Kemudian dilanjutkan dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh RD. Egi Parera dari Paroki St Yosef Freinademetz, Mautapaga, Keuskupan Agung Ende. Usai ibadah dilanjutkan dengan pemberkatan batu pertama sebelum acara peletakan.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Asisten II Setda Ende, Martinus Satban mewakili Pemkab Ende, empat mosalaki Onekore dan Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Manando dan pengurus, Andreas Mbete.

Pemerintah, mosalaki dan  pengurus meletakkan batu pertama di semua sudut di lokasi pembangunan gedung kantor baru yang terletak diantara Kantor DPRD Ende dan Kantor PT. Taspen.

Pembangunan kantor ini dikerjakan oleh CV. Barbara dari Maumere, Kabupaten Sikka. Pihak rekanan diberikan waktu kerja delapan bulan. Ditargetkan rampung pada November 2024 saat HUT Obor Mas yang ke-52.

Mewakili Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Andreas Mbete mengatakan pembangunan kantor baru untuk KCU Ende sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu dan baru direalisasikan pada tahun 2024.

Dikatakannya, dana atau anggaran pembangunan gedung kantor baru KCU Ende  bersumber dari anggota maka kantor ini milik anggota. Ia berharap anggota terlibat melakukan pengawasan dalam proses pembangunan.

“Anggarannya dari uang anggota maka kantor baru ini milik anggota. Mari kita awasi dan jaga bersama agar kantor ini memberikan semangat baru bagi kita,” katanya.

Pengurus juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, tokoh agama dan tokoh adat serta sahabat Obor yang telah hadir pada acara peletakan baru pertama pembangunan gedung kantor baru.

Andreas juga menyampaikan saat ini manajemen Kopdit Obor Mas telah membuka tiga kantor cabang pembantu di Ende yaitu KCP Wolowaru, Detusoko dan Nangapanda. Tujuannya yaitu mendekatkan pelayanan kepada anggota dan masyarakat.

Asisten II Setda Ende, Martinus Satban mewakili Penjabat Bupati Ende pada acara ini mengatakan kehadiran tokoh agama, tokoh adat dan pemerintah pada acara ini menunjukan bahwa tiga batu tungku bersinergi membangun Ende.

“Kehadiran dalam kegiatan peletakan batu pertama hari ini  lengkap, pemerintah, agama dan adat. Ini kekuatan kita bangun Ende,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Ende menyampaikan terima kasih kepada KSP Kopdit Obor Mas yang telah hadir memberikan kontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pemerintah berharap Obor Mas terus mendukung dan memberikan kontribusi mendorong usaha-usaha kecil masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah ini.

“Bangunan gedung baru ini akan hadirkan citra baru dan mempercantik penataan kota Ende karena letaknya di jalur perkantoran. Kita berharap akan terus memberikan semangat baru bagi kita,” katanya.

Peletakan batu pertama juga disaksikan oleh Wakil Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Valerianus Samador, Bendahara, Nong Buyung Dekresano dan pemerintah dan mitra Kopdit Obor Mas Ende. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *