LARANTUKA, FLORESPOS.net-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Flores Timur, NTT, resmi membuka pendaftaran bakal calon (balon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Flores Timur.

“DPD PAN Flores Timur resmi mengumumkan kepada publik pembukaan pendaftaran bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” kata Ketua Desk Pilkada DPD PAN Flores Timur, Michael Honi Kolin dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (4/5/2024) malam.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris DPD PAN Flores Timur Muhamad Ikram Ratuloli, Sekretaris Desk Pilkada DPD PAN Flores Bambang Juwamang, Pengurus dan Tim Desk Pilkada, di antaranya Matheus M. Wungubelen, Theodorus Hadjon, Hasan Basri, Andreas Soge, Christo Korehama, dan beberapa pengurus lainnya.

Michael Kolin mengatakan, pendaftaran ini menjadi bagian penting dari proses rekrutmen politik untuk pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Flores Timur periode 2024-2029.

Proses pendafaran tersebut, kata mantan Anggota DPRD Flores Timur tersebut, dibuka tanggal 6-14 Mel 2024.

Tahapan pendaftaran dimulai dengan pengambilan formulir dari tanggal 6-10 Mei. Dilanjutkan tahapan pengembalian formulir pendaftaran dan pendaftaran pada 11-14 Mei 2024.

Sekretaris Desk Pilkada DPD PAN Flores Timur Bambang Juwamang menambahkan, setelah tahapan pengambilan formulir dan pendaftaran, tim melakukan verifikasi administrasi atas seluruh berkas yang masuk.

“Kemudian Tim akan melaporkan ke DPW PAN NTT dan DPP PAN. Setelah itu akan diadakan fit and proper test di tingkat propinsi. Kemudian akan disampaikan DPP,” katanya.

Bambang mengatakan, selain fit and proper test, seluruh kandidat juga akan disurvei oleh lembaga survei yang ditentukan oleh DPP PAN.

Survel tersebut, menurutnya, untuk melihat tingkat keterpilihan dari kandidat yang mendaftar.

“Hasil survei menjadi salah satu bagian dari pertimbangan dalam memutuskan siapa yang diusung,” kata Bambang.

Sementara Sekretaris DPD PAN Flores Timur Muhamad Ikram Ratuloli mengatakan, PAN berharap kandidat yang mendaftar dapat membawa dukungan dari partai lain yang memiliki kursi di DPRD Flores Timur.

Kata Ikram Ratuloli, hal itu disadari betul, PAN Flores Timur hanya memiliki lima kursi pada Pilge 2024 lalu.

Artinya, kata dia, PAN di Flores Timur belum cukup mengajukan calon sendiri.

“Karena itu, kami mengharapkan para calon yang mendaftar harus juga menunjukkan dukungan dari partai lain,” kata Ikram Ratuloli. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Wall Abulat

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *