RUTENG, FLORESPOS.net-Inovasi baru kembali dilaksanakan di SMPN 4 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2023/2024 ini.

Inovasi itu, yakni sekolah menjalin kerja sama dengan Telkom Rajawali Ruteng untuk menerapkan ujian akhir sekolah berbasis online murni lewat aplikasi Pijar Sekolah.

Pelaksanaan ujian berbasis aplikasi Pijar Sekolah saat ini sedang berjalan pada momen ujian akhir seperti terpantau wartawan, Kamis (2/5/2024) siang.

Para siswa dengan  pengawasan para guru bidang studi tampak serius mengerjakan ujian secara online dengan handphone Android di tangan. Suasana hening dan tenang.

Ketika itu, wartawan sempat memantau pelaksanaan ujian akhir online bersama Kaseknya Wens Resman dan beberapa guru pada satu dari delapan ruang ujian bagi 159 siswa yang mengikuti ujian akhir.

Kasek Wens Resman mengatakan, pelaksanaan ujian akhir sekolah tahun ini murni online. Ada peningkatan dari tahun lalu, yang pelaksanaan ujiannya masih semi online.

“Untuk bisa laksanakan online murni ini, kita bekerja sama dengan Telkom Rajawali Ruteng. Aplikasi yang ditawarkan dan diterapkan adalah aplikasi Pijar Sekolah,” katanya.

Aplikasi Pijar Sekolah prinsip umumnya sama dengan ujian Nasional berbasis komputer (UNBK), yakni hasilnya bisa langsung diketahui.

Tetapi, aplikasi ini memiliki kelebihan, yakni terdapat pembahasan atas jawaban dari soal-soal ujian yang dapat dilihat langsung pada akhir ujian atau ketika ujian telah dinilai guru.

Lalu, konten soal ujian pun dapat dibuat sendiri para guru dan dapat disimpan pada CBT Pijar Sekolah.

Dengan itu, konten soal itu bisa digunakan kembali kapan saja seperti untuk simulasi UNBK, CBT test, latihan ujian CBT, dan lain-lain.

Praksis untuk SMPN 4 sekarang ini, hasil kerja soal bisa langsung diketahui. Tetapi, pada saat pelaksanaan ujian, yang tahu progres pengerjaan hanya guru bidang studi dan operator aplikasi.

Dikatakan, banyak sekali keunggulan dari aplikasi ini dalam menunjang proses belajar mengajar seperti sekolah bisa menerapkan sistem informasi manajemen sekolah, melaksanakan uji kompetensi dan penilaian;

Aplikasi ini juga memiliki fitur pembelajaran, CMS konten (upload konten mandiri), fitur tugas, kelas virtual, absensi, dan pengumuman.

Guru komputer, Laurensius Suyono Labi mengatakan, sekolahnya sudah menerapkan dua kali ujian berbasis online ini, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir ini.

“Dalam pelaksanaan, semua jalan lancar. Tidak ada lelet signal karena kerja samanya langsung dengan Telkom,” katanya.

Aplikasi Pijar Sekolah ful online. Karena sangat membantu dan menunjang pembelajaran di sekolah ini.

Ditanya tentang mungkin ada kendala pada anak-anak dalam pelaksanaan ujian, guru Suyono Labi, menjelaskan, sejauh ini tidak ada kendala.

Para siswa di sekolahnya sudah biasa memanfaatkan handphone android dalam menunjang aktivitas pembelajarannya secara digital selama ini  *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *