BORONG, FLORESPOS.net-Partai politik (Parpol) mulai membuka pendaftaran bakal calon (balon) baik bupati maupun wakil bupati untuk mengikuti kontestasi Pilkada Manggarai Timur.

Sejumlah balon dan pasangan paket balon pun mulai mendaftarkan diri pada parpol yang telah membuka pendaftaran tersebut.

Data yang dihimpun Florespos.net, Jumat (26/4/2024), ada balon yang mendaftar perorangan dan ada pula yang mendaftar paket pasangang, bupati dan wakil bupati.

Dalam satu minggu terakhir ini beberapa parpol yang sudah membuka pendaftaran balon, yakni Hanura, Perindo, PKB, PDIP, Demokrat, dan PAN.

Balon yang sudah menyatakan diri siap maju, yakni Agas Andreas-Tarsi Syukur (Akur), Herman Helmy-Alexius Kantar (Hemat), Siprianus Habur- Lucio Modo (Harum), Elphy Tote-Frumensius Anam, dan Yoseph Marto-Yeremias Dupa (Pilar) yang maju melalui jalur Independen.

Ketua Tim Penjaringan, Penetapan, dan Pemenangan (TP3) Partai Hanura Manggarai Timur, Ferdinandus Masmur, Jumat (26/4/2024) mengatakan dalam rangka persiapan Pilkada serentak secara resmi partainya membuka pendaftaran balon bupati dan wakil Bupati.

“Hanura membuka pendaftaran merujuk pada Petunjuk Teknis No: 002/DPP Hanura/IV/2024 tentang pedoman pelaksanaan penjaringan dan penetapan pemenangan pasangan calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota pada Pilkada serentak tahun 2024,” katanya.

Dia mengatakan, Tim TP3 telah dibentuk untuk penjaringan dan penetapan pemenangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Manggarai Timur.

Sekretaris DPC PDIP Manggarai Timur Gorgonius D. Bajang mengatakan dalam rangka menghadapi momentum Pilkada serentak yang akan digelar November 2024, DPC PDIP Manggarai Timur membuka pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur periode 2024-2029.

Kata dia, pendarftaran dilaksanakan secara terbuka bagi seluruh masyarakat Manggarai Timur yang ingin berpartisipasi membangun Kabupaten Manggarai Timur.

“Waktu pendaftaran dilaksanakan pada 17-30 April 2024 bertempat di Sekretariat DPC PDI Perjuangan yang beralamat di Jln. Kihajardewantara RT 001/RW 001, Kelurahan Satar Peot, Borong,” katanya.

Pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2024 di PDIP, katanya, dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia.

“Merujuk Surat DPP Partai tertanggal 28 Maret 2024 No:6027/IN/DPP/III/2024 yang dipertegas oleh DPD melalui surat tanggal 11 April 2024 No: 1266/IN/DPD-NTT/IV/2024 tentang Pemetaan Politik dan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak 2024,” katanya.

Serupa disampaikan Ketua DPC PKB Manggarai Timur sekaligus penyelenggara Desk Pilkada DPC Yohanes Rumat, Menurut dia, PKB membuka secara resmi  membuka pendaftaran calon bupati dan wakil Bupati yang maju dalam pilkada Manggarai Timur 2024.

Kata dia, beberapa figur sudah mendaftar di PKB. Mereka, Andreas Agas-Tarsi Syukur, Herman Helmy dan tidak menutupi kemungkinan calon lain yang akan menyusul untuk mendaftar diri sebagai balon bupati dan wakil bupati. *

Penulis: Albert Harianto I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *