MAUMERE, FLORESPOS.net-Dua wisatawan Prancis Mr. Piene dan Mrs. Michele ikut menyaksikan rangkaian acara penutupan pentas seni memaknai lomba Fashion Show dan Puisi dalam rangka memeriahkan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kearifan Budaya Lokal di Halaman Lembaga Pendidikan itu, Sabtu (20/4/2024).

Dalam acara puncak ini, para siswa-siswi SDK Yos Sudarso Maumere menampilkan aneka kreativitas seni berupa tarian kreasi dari sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Papua.

Dua wisatawan Prancis itu sangat menikmati suguhan pentas seni yang dibawakan, bahkan dalam acara pamungkas kedua wisatawan itu berbaur bersama tamu undangan dan para guru SDK Yos Sudarso ikut menari tarian asal Papua Seka-Seka yang dibawakan para penari siswi-siswi SDK Yos Sudarso.

Kegiatan Lomba Fashion Show dan Puisi dalam rangka memeriahkan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDK Yos Sudarso Maumere

Dua wisatawan itu juga menyaksikan tarian kreasi beberapa daerah di NTT yang dibawakan oleh Aesthetica Divina Yos Sudarso Dance dengan ragam tarian Tiba Meka (terima tamu) asal Kabupaten Manggarai, tarian kreasi Dikidendeng Maumere/Sikka, tarian Kebalai (Rote), dan tarian Ja’i Modern dari Bajawa/Ngada.

Tampak dua wisatawan itu ikut bergoyang dari tempat duduk mereka, dan sangat menikmati acara menari bersama dengan alunan musik Seka-Seka asal Papua.

“I appreciate all the student  done at the special moment. Very attractive and interesting. Thank you very much to them,” kata Mrs. Michele.

Serupa disampaikan Mr. Piene. “I’m so happy  to be here.This is the spesial moment. As parents. We are supporting  indeed. This prospective creativity. Appreciate to all the student.”

Aneka Kreativitas

Selain aneka pentas tari di atas, juga dalam momen acara penutupan ini, juga ditampilkan aneka kreativitas sebagai implementasi P5 oleh para siswa SDK Yos Sudarso.

Para siswa menunjukkan kebolehan mereka dengan membawakan tarian P5, paduan suara  ST. Sisilia Yos Sudarso Choir dan pentas angklung kulintang  SDK Yos Sudarso Musik Club yang dipimpin konduktor dan pelatih Frans Reinaldi, dan pidato Bahasa Inggris yang dibawakan oleh siswa kelas 6 SDK Yos Sudarso Fernanda Tia dengan judul “I’m the Catalysis to Preserving Our Culture”.

Pada momen ini, juga turut mengisi acara dua siswi kelas 8 SMPK Frater Maumere Christine Syalom Diaz dan Ana Elisabeth Moy Keyn.

Penampilan para siswa di atas mengundang decak kagum dan aplaus utusan belasan TK/PAUD yang mengikuti acara ini, dan para tamu undangan yang hadir, termasuk Kepala SDK Yos Sudarso Maumere, Sr. Hubertine Nino, SCMM; Kabid Pembinaan SD pada Dinas PKO Sikka, Martinus M. Ipir; Ketua Komite SDK Yos Sudarso Maumere Marselus Donbosco Tonda, dan tiga juri yang juga Guru SMPK Frater Maumere Karolus Dolu Tien Toulwalam S.Pd; Yohanes Antonius Tula, S,Pd dan Ibu Yasinta Monika Bhiju Dapam S.Pd.

Penyerahan Hadiah

Pada kesempatan ini, panitia menyerahkan hadiah kepada para pemenang untuk lomba fashion show dan lomba Puisi. Untuk kategori lomba fashion show  juara 1 diraih Caesarina Novena Bernadine Adur  dari TK Padre Annibale School, juara II diraih Eleonora Hendrika Ina Ero Ratumakin dari TK Kemala Bhayangkari, dan juara III diraih Bella Emanuel Sutanto dari Paud Santo Paul Kindegarden.

Sementara untuk lomba puisi, juara I diraih oleh Lea Calenina Adrianne Saputra dari  Paud Santo Agustinus, juara II diraih  Yohanes Arthur Bosco Lemba dari  Paud St. Paul Kondegarden; dan juara III diraih Veronika Karolina Queen Resten Rona Woda dari  TK Kemala Bhayangkari.

Kepada para pemenang diberikan uang pembinaan, piala dan sertifikat plus bebas uang pangkal bila mereka melanjutkan pendidikan di SDK Yos Sudarso. Selain itu, semua peserta lomba diberikan sertifikat yang disiapkan oleh panitia.

Para Juara Lomba Fashion Show dan Puisi dalam rangka memeriahkan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDK Yos Sudarso Maumere

Hadiah diserahkan oleh Kepala SDK Yos Sudarso Maumere, Sr. Hubertine Nino, SCMM; Kabid Pembinaan SD pada Dinas PKO Sikka, Martinus M. Ipir; Ketua Komite SDK Yos Sudarso Maumere Marselus Donbosco Tonda, dan tiga juri menunjukkan kebolehan mereka dalam lomba dimaksud di hadapan tiga juri Guru SMPK Frater Maumere yakni Karolus Dolu Tien Toulwalam S.Pd; Yohanes Antonius Tula, S,Pd dan Yasinta Monika Bhiju Dapam S.Pd.

Sementara sertifikat kepada semua peserta diserahkan oleh Ketua Panitia Elisabeth Y.D. Nona, S.Pd.

Terbaik

Kabid Pembinaan SD pada Dinas PKO Sikka, Martinus M. Ipir dalam sambutannya saat menutup kegiatan lomba antara lain menyampaikan apresiasinya kepada Kasek SDK Yos Sudarso dan para guru yang telah menyukseskan pelaksanaan lomba dan yang telah mengimplementasikan P5 dengan pelbagai kreativitas para siswa yang luar biasa.

Martinus menyebut ada enam elemen P5 yang muncul dalam kegiatan P5 sebagaimana yang dilaksanakan oleh SDK Yos Sudarso ini yakni  beriman dan berakhlak mulia, menampilkan kebhinekaan global, gotong royong,  kreativitas, berpikir kritis, dan mandiri.

“Kegiatan selama beberapa hari ini luar biasa, terbaik. Mudahan-mudahan kegiatan ini bisa ditiru oleh sekolah-sekolah lain. Mari, daftarkan anak-anak untuk sekolah di sini,” pinta Martinus.

Terima Kasih

Kepala SDK Yos Sudarso Maumere, Sr. Hubertine Nino, SCMM dalam sambutannya pada kesempatan ini antara lain menyampaikan teirma kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi aktif meyukseskan ajan lomba ini.

“Saya menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif kita semua,” katanya.

Suster Hubertine berharap agar para siswa TK/PAUD yang mengikuti lomba ini bisa melanjutkan pendidikan di SDK Yos Sudarso Maumere.

“Kami siap menerima para siswa untuk melanjutkan pendidikan di sekolah ini,” katanya.

Suster Hubertine pada kesempatan secara khusus memberikan apresiasi tambahan kepada para pemenang lomba fashion show dan puisi dengan membebaskan uang pangkal bila melanjutkan pendidikan di SDK Yos Sudarso.

Apresiasi yang sama disampaikan Ketua Komite SDK Yos Sudarso Marselus Donbosco Tonda. Ketua Komite menilai keberhasilan pelaksanaan lomba selama tiga hari itu tidak terlepas dari adanya kerja sama antara para guru, para siswa, orang tua, dan komponen pendidikan lainnya.

Diberitakan media ini sebelumnya,SDK Yos Sudarso Maumere menggelar Lomba Fashion Show dan Baca Puisi dalam upaya memaknai kegiatan P5 dengan tema Kreativitas Budaya Lokal yang berlansung selama tiga hari sejak Kamis (18/4/2024).

Lomba yang dbuka oleh Kadis PKO Sikka Germanus Goleng itu diikuti belasan PAUD/TK yang ada di Kota Maumere dan sekitarnya, di antaranya TK Yos Sudarso 2 Maumere, TK Sang Timur; Paud St. Paul Kindergarten Maumere, TK Kemala Bhayangkari; TK Lusitada Kecamatan Nita; TKK Yos Sudarso I Nebe; Paud Lili; Paud Padre Annibale School, dan Paud Agustinus. *

Penulis : Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *