MAUMERE, FLORESPOS.net-Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Cristo Re Keuskupan Maumere,RD. Felicianus Dari, S.Fil, S.Pd melantik RD. Yakobus Donnisius Migo, S.Fil, M.Th., Lic. Th. Com atau disapa Romo Donnie Migo menjadi Direktur Politeknik Cristo Re untuk masa jabatan 2024-2028 yang berlangsung di Aula Lembaga Pendidikan Tinggi itu, Jalan Lingkar Luar Maumere, Jumat (19/4/2024).

Romo Doni Migo menerima tugas ini pasca berakhirnya jabatan pelaksana Tugas Direktur Politeknik Cristo Re,  RD. Dr. Wilfrid Valiance, S.Fil, MM.

Ketua Pengurus Yayasan Cristo Re RD. Felicianus Dari dalam sambutan antara lain mengemukakan momen pelantikan Direktur ini menggarisbawahi beberapa hal di antaranya sebagai momen bersyukur atas karunia Tuhan yang merahmati lembaga pendidikan ini, momen berterima kasih kepada Yang Mulia Uskup Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu yang selalu mendukung dengan pelbagai cara untuk kemajuan lembaga pendidikan; dan momen penegasan komitmen untuk memajukan pendidikan ini dan menamatkan tamatan yang berkualitas sehingga berguna bagi bangsa dan gereja.

“Untuk itu saya menyampaikan profisiat kepada Direktur RD. Doni Migo dan selamat menjalankan yang dipercayakan sehingga lembaga pendidikan ini terus menghasilkan tamatan yang siap bekerja,” kata Rom Felix.

Sementara Ketua Yayasan dalam SK Nomor 015/SK-YCR/II/2024 tentang Pengangkatan Direktur Politeknis Cristo Re yang dibacakan oleh Sekretaris Yayasan Wilfridus Antonio memberi tiga tugas tambahan untuk Direktus Baru, selain tugas utama.

Pertama, mempersiapkan dan menyukseskan Wisuda  angkatan pertama  Politeknik Cristo Re yang akan diagendakan pada tanggal 17 Mei 2024.

Kedua, meng-upgrade kurikulum untuk Politeknik  Cristo Re Maumere sesuai  tuntutan pendidikan tinggi vokasi terbaru.

Ketiga, mempersiapkan dokumen permohonan peningkatan status  program studi dari D3 ke D4 atau setara S1 terapan.

Siap Menjalankan Tugas

Direktur Politeknis Cristo Re, Romo Donnie Migo dalam sambutan antara lain menyatakan komitmennya untuk menjalankan tugas yang dipercayakan semaksimal mungkin dalam upaya menghasilkan tamatan yang berkualitas dan siap bekerja.

Menurut Romo Donnie berkarya di lembaga pendidikan adalah sebuah pelayanan.

“Sebab kita sekalian dipanggil untuk melayani bukan dilayani. Semangat inilah yang mengantar saya untuk selalu memperbaharui komitmen untuk melayani sebagai imam di mana saja Bapak Uskup mengutus saya,” katanya.

Pelantikan menjadi Direktur, lanjut Romo Donnie, mungkin bagi kebanyakan orang dilihat sebagai prestasi tetapi baginya merupakan ruang baginya untuk melayani.

“Oleh karena itu, saya sangat berharap dukungan dari kita semua untuk menyukseskan karya pelayanan di Kampus Politeknik Cristo Re Maumere. Tidak ada persembahan yang lebih berharga selain dari pada pelayanan dan pengurbanan kita,” kata Magister Ilmu Komunikasi Jebolan Institusi Gereja di Universitas Kepausan Santa Croce – Roma ini.

Romo Donnie semua komponen pendidikan untuk bertolak lebih ke dalam dan melihat sejauh mana managemen, kurikulum, pembelajaran, teori/praktek dan kinerja kerja di insititusi ini membawa kita pada capaian profil lulusan yang beriman dan cinta tanah air, professional, handal dan siap untuk terjun ke dunia kerja.

“Banyak hal yang sudah disiapkan, sedang dijalankan dan akan dihadapi. Untuk itu, kita perlu merawat, menlaksanakan dan mempersiapkan. Menjadi bagian dari CA kampus vokasi berarti siap untuk menjadi professional di bidang masing-masing,” katanya.

“Direktur pada dasarnya adalah seorang manager, jadi saya berharap teman-teman di institusi bisa bekerja bersama untuk menata kampus kita agar dapat menjadi kampus yang merdeka, yang beriman dan berisi tenaga-tenaga professional. Kampus yang berisi orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan dan lapar akan kebenaran. Mari kita bekerja sama,” pinta  Romo yang selama Agustus-Desember 2023 mengikuti Program Beasiswa di School of Journalism University of Missouri Unites State of America (USA) ini optimistis.

Tiga Prodi

Untuk diketahui, Politeknik Cristo milik Keuskupan Maumere ini memiliki tiga program studi (Prodi) yakni Prodi Teknologi Mesin, Prodi Pemeliharaan Mesin Otomotif, dan Prodi Ekowisata. Politeknik Cristo Re sudah mendapatkan status otonom dan tercatat menamatkan tamatan angkatan perdana dengan diwisudakannya puluhan tamatan yang akan diagendakan pada 17 Mei 2024.

Hadir dalam pelantikan ini, Pembina Yayasan Pendidikan Cristo Re Leo Baktiar da Lopez dan Grave Seda; Pastor Paroki Misir RD. Deodatus Du,  Mantan Direktur Politeknik Cristo Re RD. Richard Muga Buku yang kini menjadi Pembia Fratres Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret; para tokoh umat Markus Minggus dan Ibu; para dosen dan mahasiswa Politeknis Cristo Re dan undangan. *

Penulis: Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

 

Profil Singkat Romo Doni Migo

Nama RD. Yakobus Donnisius Migo atau disapa Romo Donnie kelahiran Reo, Kabupaten Manggarai 25 Juli 1987.

Ia merupakan anak 9 dari 10 bersaudara pasangan Bapak PortasiusTarsisius dan Mana Veronika Nanut.

Riwayat Pendidikan dan Panggilan:

1991-1993 : TK Katolik Persatuan Reo, Kabupaten Manggarai

1993 – 1999 : SD Katolik Reo III

1999 –2002 : SMP Seminari Pius XII Kisol

2002 – 2005 : SMA Seminari Pius XII Kisol

2005 – 2006 :Tahun Orientasi Rohani Lela Maumere– Seminari Tinggi Interdiocesan Santo Petrus – Ritapiret

2006 – 2010 :Sarjana Filsafat di STFK Ledalero Seminari Tinggi Interdiocesan Santo Petrus – Ritapiret

(2007-2010:calonrahibtrappist)

2010 – 2011 :Tahun Orientasi Pastoral di ParokiHabi

2011 – 2012 :Tahun Orientasi Pastoral di Seminari Menengah Santa Maria Bunda Segala Bangsa Maumere

2012 – 2014 : S2 Teologi Kontekstual di STFK Ledalero – Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus – Ritapiret

08 Juni 2014: Tahbisan Diakon di Seminari Tinggi Santo Petrus Ritapiret

Juni – Oktober 2014: Praktik diakon di Paroki Maria Gunung Karmel Wolofeo

3 Oktober 2014 : Tahbisan Imam di Paroki Santa Maria Ratu Rosari Reo

2014 – 2015 : Pastor Kapelan di Paroki Santa Maria Immaculata Lekebai

2015 – 2018 : Formator di Seminari Menengah Santa Maria Bunda Segala Bangsa Maumere

2018 – 2020 : Wakil direktur PDD2 Industri Teknik Mesin Manufaktur Kampus Cristo Re – Politeknik ATMI Surakarta KeuskupanMaumere (Sekarang Politeknik Cristo Re)

2020 – 2023 : Studi S2 Komunikasi Institusi Gereja di Universitas Kepausan Santa Croce – Roma

= Agustus-Desember 2023 mengikuti Program Beasiswa di School of Journalism University of Missouri Unites State of America (USA).  *

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *