MAUMERE, FLORESPOS.net-Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Kadis PKO) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Germanus Goleng memuji kreativitas SDK Yos Sudarso Maumere.

Sekolah ini, menurut Kadis PKO berhasil mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebuah kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan untuk memperkuat upaya mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai Profil Pelajar Pancasila yang didasarkan pada standar kehidupan nyata.

Atas penilaian itu, Kadis Germanus meminta sekolah-sekolah lain di Kabupaten Sikka meniru dan belajar dari SDK Yos Sudarso Maumere dalam mengimplementasikan P5.

Kadis Germanus Goleng menyampaikan itu dalam sambutan membuka kegiatan Lomba Fashion Show dan Baca Puisi diselenggarakan SDK Yos Sudarso Maumere di halaman lembaga pendidikan ini, Kamis (18/4/2024).

Lomba ini akan berlangsung selama tiga hari sejak Kamis (18/4/2024) hingga Sabtu (20/4/2024).

Lomba diikuti belasan PAUD/TK di Kota Maumere dan sekitarnya, di antaranya TK Yos Sudarso 2 Maumere, TK Sang Timur; Paud St. Paul Kindergarten Maumere, TK Kemala Bhayangkari; TK Lusitada Kecamatan Nita; TKK Yos Sudarso I Nebe; Paud Lili; Paud Padre Annibale School, dan Paud Agustinus.

Apresiasi

Kadis Germanus mengaku sangat bangga dengan penampilan para peserta lomba dan para siswa-siswi SDK Yos Sudarso Maumere yang mengisi aneka acara seperti tarian kreasi, musikalisasi, dan aneka acara lainnya yang dipertunjukkan peserta dan para siswa dalam memaknai P5.

“Saya menyampaikan apresiasi atas pelbagai kreativitas siswa-siswi dalam mengimplementasikan P5 dalam kehidupan nyata,” katanya.

Kadis Germanus mengakui dalam aneka acara yang dipentaskan terlihat bagaimana sekolah dan siswa mengaktualisasikan P5 yang mengedepankan penguatan karakter siswa, jiwa gotong royong, budi pekerti, kerja sama, aneka kreativitas dan aneka nilai positif lainnya.

“Saya datang untuk mempromosikan SDK Yos Sudarso yang menerapkan P5 dan mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata sebagaimana yang dikemas dalam acara bertajuk Kearifan Budaya Lokal yang menampilan Fashion Show dan aneka puisi. Saya berharap agar apa yang dilakukan SDK Yos Sudarso ini ditiru oleh sekolah-sekolah lainnya,” pinta Kadis Germanus.

Siap Kembangkan Bakat dan Minat Siswa

Sementara Kepala SDK Yos Sudarso Maumere, Sr. Hubertine Nino, SCMM dalam sambutan antara lain menjelaskan hal-hal konkret yang dilakukan SDK Yos Sudarso dalam upaya mengimplementasikan P5.

Di mana di antaranya dengan diselenggarakannya kegiatan lomba Fashion Show dan Puisi yang terbuka bagi PAUD dan TK di Kota Maumere dan sekitarnya, serta aneka kreasi yang ditunjukkan para siswa-siswi SDK Yos Sudarso selama lomba dilangsungkan.

Suster Hubertine Nino meminta para tamatan TK/Paud untuk melanjutkan pendidikan di SDK Yos Sudarso, karena lembaga pendidikan yang dikelola Yayasan Anawim milik Kongregasi Suster SCMM ini selalu siap mengembagkan bakat dan minat siswa sebagaimana termaktub dalam P5.

“Silahkan masuk di SDK Yos Sudarso. Kami siap mengembangkan dan implementasikan P5, termasuk bakat dan minat siswa,” pintanya.

Terima Aneka Hadiah

Sementara Ketua Panitia Lomba, Elisabeth Y.D. Nona, S.Pd dalam laporannya antara lain menjelaskan kegiatan fashion show dan puisi ini diikuti 39 peserta dengan rincian 24 siswi untuk lomba Fashion Show dan 15 siswa lomba puisi.

Elsa Nona menjelaskan para pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan aneka hadiah berupa uang dan piala, serta semua peserta diberikan sertifikat.

“Untuk yang juara akan diberikan uang, piala, dan sertifikat. Seluruh peserta lomba juga akan diberikan sertifikat,” katanya.

Elsa Nona berharap agar para peserta dan sekolah yang ikut dalam kegiatan lomba ini dapat melanjutkan pendidikan di SDK Yos Sudarso sehingga aneka bakat yang ada bisa dikembangkan secara baik.

Belasan Tarian Kreasi

Pada ajang lomba fashion show, Kamis (18/4/2024), peserta lomba menunjukkan kebolehan mereka dalam lomba dimaksud di hadapan tiga juri Guru SMPK Frater Maumere yakni Karolus Dolu Tien Toulwalam S.Pd; Yohanes Antonius Tula, S,Pd dan Yasinta Monika Bhiju Dapam S.Pd.

Di sela-sela perlombaan, para siswa SDK Yos Sudardo juga menampilkan aneka tarian kreasi dan pentas seni lainnya di antaranya tarian Dolo-Dolo kreasi (Flores Timur) yang dibawakan oleh kelas I B SDK Yos Sudarso.

Lagu Bunga Le La (Sikka) dibawakan siswa kelas 1 A, Tarian Gawi Kabupaten Ende dibawakan siswa kelas 3 A; Bazar, tarian kreasi Digi Deng dibawakan siswa kelas III SDK Yos Sudarso.

Nyanyian I’e yang dibawakan siswa kelas 5A SDK Yos Sudarso; Tarian Hegong yang dibawakan siswa kelas V B.

Selain itu, para siswa (kelas 2, 4, dan kelas 6) SDK Yos Sudarso lainnya siap mengisi acara untuk memaknai lomba puisi pada Jumat 19 April 2024 dengan kemasan acara Tarian Jeku Jana yang dibawakan siswa kelas 2 A SDK Yos Sudarso.

Tarian Kreasi Bunga Rempe Sikka yang dibawakan siswa Kelas 2 B SDK Yos Sudarso,Tarian Kreasi Musikalisasi Puisi “Tanah Airku” yang dibawakan oleh Yos Sudarso Lentera Club; Musikalisasi Puisi “Jeritan Orang Biasa” oleh SMPK Frater Maumere.

Tarian Gawi (Ende) yang dibawakan siswa kelas 4A SDK Yos Sudarso; Bazar, Tarian Dero Ike Mea” (Ngada) yang dibawakan siswa kelas 6 B SDK Yos Sudarso; Lagu Kasih Ami Nukak (Sikka) yang dibawakan oleh  siswa kelas 6 A SDK Yos Sudarso; Tarian Kreasi Dolo-Dolo yang dibawakan siswa kelas 4 B SDK Yos Sudarso Maumere.

Hadir saat pembukaan kegiatan, Pastor Paroki St. Thomas Morus Maumere, RD. Domi Dange, Kepala SDK Yos Sudarso Maumere, Sr. Hubertine Nino, SCMM; Kabid SD pada Dinas PKO Sikka, Ketua Komite SDK Yos Sudarso Maumere Marselus Donbosco Tonda, pengawas SD, para orang tua, dan undangan lainnya. *

Penulis:Wal Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *