BORONG, FLORESPOS.net-Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Timur, NTT, akan mengelar Festival Pantai Ligota di Desa Compang Ndejing, Kecamatan Borong.

“Festival Pantai Ligota berlangsung selama tiga hari. Diawali dari Rabu (24/4/2024) sampai Jumat (26/4/2024),” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Timur Rofinus Hibur Hijau, Sabtu (13/4/2024).

Dia menjelaskan, kegiatan festival ritus adat diawali pada Rabu (24/4/2024) di tiga tempat, yakni Ritus Adat Teing Hang/Tesi di Gendang Bondo, ritus adat Tesi di Paang Kampung Purang Mese dan Ritus Adat Tesi Pantai Ligota.

Selanjutnya, menurut dia, pada Kamis (25/4/2024), rangkaian acara dimulai dengan penjemputan tamu dan rombongan menuju Pantai Ligota.

Penjemputan (kepok curu) dan pengalungan tamu VIP yang terdiri dari undangan dan rombongan menuju tempat acara oleh sanggar Desa Compang Ndejing dilanjutkan dengan Danding di arena acara,” katanya.

Setelah pembukaan festival oleh Penjabat Bupati Manggarai Timur, dilanjutkan dengan peninjauan stan pameran dan pementasan tarian kolosal Ata Ligota melibatkan 400 an pelajar sekolah yang ada di Desa Compang Ndejing.

Rofinus mengatakan, pada Jumat (26/4/2024), acara diisi dengan berbagai aneka lomba seperti lomba mewarnai, lomba merangkai dan bermain layang-layang serta lomba cipta kreasi dari bahan sampah.

Lomba menciptakan produk kreatif berbahan sampah tingkat SMP, lomba merakit dan bermain layangan tingkat SD, lomba berdayung sampan tingkat SMP, lomba merakit dan bermain layangan tingkat SMP, stand up comedy tingkat SMA/SMK, dan pentas hiburan musik dari musisi/band lokal.

Orang muda Desa Compang Ndejing Edy Dahal mengatakan saat ini di tingkat desa mulai dilakukan berbagai kegiatan melibatkan elemen masyarakat. Dia berharap dukungan semua agar Festival Pantai Ligota bisa sukses. *

Penulis: Albert Harianto I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *