ENDE, FLORESPOS.net-Ribuan umat muslim di Kota Ende, Kabupaten Ende, NTT, mengikuti Sholat Ied di lapangan Pancasila, Rabu (10/4/2024). Sholat Ied itu dimulai pada pukul 06. 45 dan berakhir pukul 07.20 Wita.

Seperti disaksikan Florespos.net, ribuan jemaah Muslim memenuhi Lapangan Pancasila, Jalan Soekarno, Taman Renungan Bung Karno dan halaman Kantor Ende Utara mengikuti Sholat.

Menjadi imam pada sholat Ied ini, Abdulrahman Pua Jongo, Imam dari Masjid Darul Yaqin Mbongawani. Khatib, H. Muhammad Salam Daud, S.H, Kepala Seksi Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Ende.

Tampak hadir mengikuti Sholat, mantan Bupati Ende, Djafar Achmad, Ketua PHBI Ende, Muhamad Tamrin dan sejumlah pejabat dan tokoh muslim di Ende.

Kegiatan Sholat Ied di Lapangan Pancasila dijaga oleh aparat gabungan TNI, Polri dibantu Remaja Masjid dan Pramuka Kwarcab Ende.

Muhammad Salam Daud, S.H mengatakan pagi ini umat islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri sebagai  wujud kemenangan mengalahkan hawa nafsu.

Idul fitri mengandung arti kembali pada kesucian rohani dan kembali kepada sikap keberagamaan yang benar atau  idul fitri mengajak umat muslim kembali menjalankan agama yang benar.

“Fitrah manusia itu berubah dari waktu ke waktu karena perubahan jaman,  agar fitrah tetap terjaga maka umat islam harus menghayati nilai- nilai islam dan keteguhan iman,” katanya.

Dikatakannya, puasa Ramadhan yang dilewati dapat membentuk pribadi Muslim yang sejati. Maka mari menjaga kerukunan dan menghindari hal-hal yang memperkeruh dan merusak kedamaian karena kehadiran islam membawa kedamaian.

“Segalah kebiasaan baik di bulan ramadhan dalam pengendalian hawa nafsu mesti kita pertahankan dalam kehidupan selanjutanya,” katanya.

Ditegaskannya, Idul Fitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas dan saling memaafkan sehingga terbinalah rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

“Mari kita saling memaafkan dan memperkuat persaudaraan dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat,” katanya. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *