ENDE, FLORESPOS.net-Petugas gabungan TNI, Polri dan Polisi Lembaga melakukan razia setiap kamar dan ruangan serta pemeriksaan Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ende, NTT, Jumat (5/4/2024) sore.

Sebelum razia dan pemeriksaan dilaksanakan apel siaga di halaman Lapas Kelas IIB Ende dipimpin langsung oleh Kalapas Ende, Taufiq Hidayat.

Saat apel Kalapas Taufiq menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah terlibat dalam apel siaga dan razia bersama.

Dia mengatakan, razia  bersama ini dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 di Lapas Ende yang puncaknya pada 27 April 2024.

Taufiq mengatakan razia ini sebagai langkah deteksi dini untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas Ende.

“Razia dan penggeledaan seperti ini sudah menjadi agenda rutin untuk deteksi dini mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas II B Ende,” katanya.

Usai razia, Kalapas Ende didampingi Kasat Narkoba Polres Ende dan perwakilan dari TNI memberikan keterangan pers dan menyampaikan barang-barang yang didapatkan di kamar warga binaan.

Menurutnya, barang yang didapatkan yaitu barang jenis logam seperti paku, besi dan alat masak. Meski hanya barang-barang seperti ini, namun harus diamankan demi keamanan.

“Memang hanya barang- barang jenis logam besi seperti ini tapi jika berada di tangan yang salah maka akan sangat berbahaya,” kata Taufiq.

Taufiq juga menyampaikan sejauh ini pihaknya belum menemukan ada warga binaan yang membawa narkoba.

“Untuk narkoba sejauh ini kami belum temukan. Jika ada maka kami akan laporkan kepada polisi,” katanya.

Barang jenis logam besi yang didapatkan di kamar dan dari tangan warga binaan itu akan dimusnakan dalam waktu dekat.

Usai razia dan pemeriksaan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama. Saat ini, Warga Binaan di Lapas Kelas II B Ende 213 orang di antaranya 5 perempuan dan 208 laki-laki. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *